YES! Guru Honorer yang Masuk Daftar Ini Auto Diangkat Jadi ASN Tanpa Tes PPPK 2023

YES! Guru Honorer yang Masuk Daftar Ini Auto Diangkat Jadi ASN Tanpa Tes PPPK 2023

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Hore! Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan kabar baik untuk guru honorer. Pasalnya, mereka yang masuk dalam daftar tertentu berikut ini akan langsung diangkat menjadi ASN tanpa perlu tes PPPK 2023.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Ristek, Nunuk Suryani. Ia menyebutkan, terdapat 3.043 guru honorer yang bakal menjadi ASN tanpa perlu mengikuti tahap seleksi tes PPPK 2023.

Para guru honorer ini nantinya hanya akan menunggu penempatan ketika seleksi PPPK 2023 dibuka. Sehingga tak perlu mengikuti tes seperti guru honorer lainnya.

BACA JUGA:Ingat, Ya! THR 2023 Tidak Cair untuk PNS dengan Dua Kriteria Ini

Sebab, mereka yang terkumpul dalam kuota 3.043 tersebut akan masuk dalam daftar pelamar prioritas 1 alias P1. 

Lalu, siapa ribuan guru honorer tersebut?

Guru honorer yang akan diangkat Kemdikbud Ristek tanpa tes PPPK 2023 adalah mereka yang lolos ambang batas nilai pada seleksi PPPK 2022.

Namun perlu diketahui bahwa 3.043 guru honorer ini tidak mendapatkan penempatan usai masa sanggah berlalu.

BACA JUGA:CPNS 2023 Segera Dibuka, Buruan Catat Syarat Daftarnya di Sini

“Kepada 3.043 pelamar P1 yang akhirnya tidak mendapatkan penempatan, tidak perlu khawatir, Ibu dan Bapak tidak perlu mengikuti tes kembali dan tinggal menunggu penempatan oleh pemerintah daerah masing-masing pada tahun 2023 ini,” ungkap Nunuk dikutip dari gtk.kemdikbud.go.id.

Adapun daftar nama tenaga honorer yang langsung diangkat jadi PPPK 2023 tanpa tes bisa dicek dengan login akun di sscasn.bkn.go.id.

Untuk diketahui, pada 2023 ini pemerintah memang akan membuka seleksi CPNS dan PPPK. Formasi guru akan menjadi yang terbanyak pada seleksi ASN 2023.

Berdasarkan data Panselnas yang diunggah Nunuk melalui akun Instagram @nunuksuryani, total formasi yang dibuka pada seleksi CPNS dan PPPK 2023 ada lebih dari 1 juta. Khusus formasi guru dibuka sebanyak 580.202 formasi.

BACA JUGA:THR PNS Sudah Mulai Cair Nih, Pegawai Swasta Kapan Menyusul?

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: