Puasa Ramadan 2023 Hari Apa? Catat Jadwal Versi NU, Kemenag, dan Muhammadiyah

Puasa Ramadan 2023 Hari Apa? Catat Jadwal Versi NU, Kemenag, dan Muhammadiyah

Puasa Ramadhan 2023 hari apa?-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Masyarakat Muslim saat ini tengah bersiap memasuki puasa Ramadhan 2023. Namun, belum diketahui secara pasti hari apa pelaksanaan puasa, baik versi NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah.

Adapun pembagian jadwal yang berbeda mengenai penetapan 1 Ramadhan antara ketiga kelompok itu sudah umum terjadi di Indonesia. Hal tersebut juga menyebabkan penentuan Idhulfitri dan Idhuladha menjadi tidak sama.

Lantas, puasa Ramadhan 2023 jatuh pada hari apa?

BACA JUGA:Simak Tata Cara dan Bacaan Doa Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan 2023

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, mengatakan bahwa kemungkinan awal Ramadhan 2023 akan serentak dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan kata lain, baik NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah akan menjalankan awal puasa Ramadhan 2023 di hari yang sama.

Perkiraan itu sebagaimana disampaikan Syamsul saat menggelar konferensi pers Maklumat PP Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, Zulhijjah 1444 H.

"Untuk Ramadhan besok, menurut perhitungan di atas kertas Insya Allah sama di seluruh Indonesia," katanya.

BACA JUGA:Catat! Jadwal Resmi Libur Awal Puasa Ramadhan 2023 untuk Anak Sekolah di Pulau Jawa

Jadwal 1 Ramadhan 2023 Versi NU

Nahdlatul Ulama (NU) hingga saat ini belum menentukan awal Ramadhan 2023 jatuh pada hari apa. Sebab, organisasi Islam ini akan menunggu hasil keputusan sidang isbat dari Kemenag.

Adapun sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 2023 akan digelar pada Rabu, 22 Maret 2023 di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat.

"Insyaallah tanggal 22 di Kemenag," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Kamaruddin Amin, dalam keterangannya.

BACA JUGA:Bansos Beras 10 Kg Selama 3 Bulan Siap Dibagikan Pemerintah Jelang Bulan Puasa, Perum Bulog Segera Distribusikan

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber