Simak Tata Cara dan Bacaan Doa Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan 2023

Simak Tata Cara dan Bacaan Doa Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan 2023

Ilustrasi ziarah kubur.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Artikel ini menyajikan tata cara dan bacaan doa ziarah kubur sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan 2023.

Sudah menjadi tradisi bagi umat Islam untuk melakukan ziarah kubur sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. 

Masyarakat Muslim biasanya akan mengunjungi makam-makam sanak keluarga maupun kerabat untuk melakukan berbagai aktivitas seperti membersihkan kuburan, mengaji, dan membaca doa.

Dalam Islam, ziarah kubur memang sunnah untuk dilaksanakan. Salah satu tujuannya adalah sebagai pengingat bahwa kita setiap manusia pasti akan melalui tahapan kematian.

Dalil Ziarah Kubur

Melansir dari laman islam.nu.or.id, terdapat dalil yang membahas tentang ziarah kubur bagi umat Islam.

BACA JUGA:LHO, KOK? Mahfud MD Sudah Siap Buka-bukaan Soal Transaksi Janggal Rp300 Triliun, DPR Malah Atur Jadwal Pertemuan?

BACA JUGA:Disoraki 'Presiden 2024' Saat Safari Politik di Surabaya, Anies Baswedan Langsung Umbar Janji: 'Insyaallah...'

1. Hadits Riwayat Muslim

“Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: Aku meminta izin kepada Allah untuk memintakan ampun bagi ibuku, tetapi Allah tidak mengizinkannya. Kemudian saya meminta izin kepada Tuhan untuk mengunjungi makam ibu saya, dan Tuhan mengizinkan saya."

"Tuhanmu memerintahkanmu untuk pergi ke kuburan orang yang meninggal agar kamu dapat meminta pengampunan untuk mereka."

2. Hadits Riwayat Hakim

“Dulu saya melarang kalian berziarah ke kuburan, tetapi sekarang kalian harus berziarah, sesungguhnya berziarah ke kuburan dapat melembutkan hati, mendatangkan (air) ke mata, mengingatkan kalian akan akhirat, dan tidak berkata-kata buruk (pada saat haji).”

BACA JUGA:Wah Kartu Prakerja Gelombang 50 Dibuka Hari Ini? Catat Cara Daftar dan Syarat Lolos untuk Dapatkan Dana Rp4,2 Juta

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber