Kapolri Minta Bareskrim Segera Perbaiki Pelayanan: 'Kepercayaan Publik Harga Mati'

Kapolri Minta Bareskrim Segera Perbaiki Pelayanan: 'Kepercayaan Publik Harga Mati'

Permintaan Kapolri kepada Bareskrim-@humaspolri-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kapolri memberikan ketegasan untuk Bareskrim Polri untuk memperbaiki layanannya kepada publik karna kepercayaan publik harga mati.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh  Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Perbaikan yang dimaksut oleh Kapolri yaitu dalam menerima laporan masyarakat, cara memproses laporan, hingga menyelesaikan laporan tersebut.

BACA JUGA:Maia Estianty Punya Kriteria Menantu Idaman: 'Jangan Gak Ada..'

Pada dasarnya setiap laporan yang dilakukan oleh semua masyarakat adalah hal yang penting dan harus dihargai.

"Kepercayaan publik adalah hal yang mutlak, harga mati yang harus kita perjuangkan," ujar Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat berada di Senayan, 16 Maret 2023.

"Mau tak mau, kita harus berjuang, dan ini semua harus dilakukan satker (satuan kerja) dan fungsi yang ada di kepolisian," ujarnya lagi.

Ditegaskan Kapolri, jajaran kepolisian harus bertindak secara profesional dan menghindari perbuatan yang merusak citra Korps Bhayangkara.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Pemeriksaan Pap Smear pada Wanita yang Berusia di Atas 21 Tahun!

Paling utamanya, polisi tidak boleh mencederai rasa keadilan publik dan harus menjaga kepekaan terhadap suatu permasalahan yang dilaporkan kepada mereka.

"Masyarakat harus melihat bahwa Polri, khususnya jajaran Bareskrim, adalah institusi profesional, humanis, dan tegas. Hal negatif dan perilaku menyimpang harus dihindari semaksimal mungkin," ujarnya.

Lebih lanjut lagi, Kapolri mencontohkan cara penerimaan laporan yang disampaikan suatu individu atau kelompok yang harus disikapi dengan mendengarkan keluhan mereka hingga terciptanya keadilan.

Tak hanya itu, Hingga bagian terpenting adalah tahap penyidikan ketika jajaran kepolisian harus menjaga independensi, mengendalikan peristiwa sesuai fakta, dan memakai metode scienctific crime investigation (SCI).

BACA JUGA:Waduh! Deddy Corbuzier Blak-Blakan Sebut Pejabat yang Hadir di Podcastnya Sering Menyaring Pertanyaan: 'Gue Pernah Nge-test'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: