Kursi Menpora Kosong, Golkar Sodorkan Dua Nama Potensial Pengganti Zainuddin Amali

Kursi Menpora Kosong, Golkar Sodorkan Dua Nama Potensial Pengganti Zainuddin Amali

Golkar sodorkan dua nama yang dianggap potensial menggantikan Zainuddin Amali mengisi kursi Menpora.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Zainuddin Amali diketahui sudah melaporkan pengunduran dirinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sudah melapor secara pribadi ke presiden dan tentunya beliau sudah mengetahui tentang terpilihnya saya sebagai Waketum PSSI. Beliau serahkan ke saya karena saya sampaikan ke teman-teman harus memilih,” kata Zainuddin Amali dalam sesi Keterangan Pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 20 Februari 2023 lalu.

Jokowi sendiri mengaku sudah menerima pengajuan Zainuddin Amali untuk meninggalkan kursi Menpora sebagai konsekuensi atas jabatan barunya menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

BACA JUGA:Kelanjutan Liga 1 Belum Ada Kejelasan, Menpora Tunggu Kabar dari Polri

"Secara resmi belum, (pernyataan) tertulis belum. Informal sudah (menyatakan undur diri)," ujar Jokowi saat meninjau normalisasi Ciliwung, Selasa, 21 Februari 2023.

Mundurnya Amali menandakan kursi Menpora akan segera kosong. Hal ini pula yang memunculkan pertanyaan soal siapa sosok yang bakal menggantikannya mengisi posisi menteri kabinet Jokowi itu.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial, Arya Fernandes menjelaskan bahwa kemungkinan besar Golkar akan bergerak dalam mengisi kekosongan tersebut.

"Karena Pak Zainudin berasal dari Golkar, kemungkinan besar Golkar akan meng-endorse kader-kader mudanya untuk menggantikan beliau di posisi Menpora,” jelas Arya kepada wartawan, dilansir Kamis, 23 Februari 2023.

BACA JUGA:Mantan Menpora Roy Suryo Hari Ini Jalani Sidang Perdana Kasus Meme Stupa Candi Borobudur

Pernyataan Arya itu tampaknya sesuai dengan kriteria ideal yang dibutuhkan Menpora berikutnya. Sebagaimana diungkapkan pengamat olahraga, Bung Kusnaeni, bahwa kepribadian yang paling penting dari calon pengganti  Zainuddin Amali adalah harus dekat dengan kalangan kepemudaan, baik secara usia maupun emosional.

“Paling ideal secara teoritis harus orang yang paham olahraga dan secara usia dekat dengan kalangan kepemudaan. Selain itu juga harus punya jiwa kepemudaan dan secara emosional dekat dengan masalah-masalah kepemudaan,” ujar Bung Kusnaeni.

Sementara itu, Arya mengaku mengantongi dua nama yang dianggapnya potensial menggantikan Zainuddin Amali menduduki kursi Menpora dan kemungkinan akan diusung oleh Golkar, yakni Dito Ariotedjo dan Ilham Permana.

Dito Ariotedjo

Mantan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) ini menjadi salah satu sosok yang dinilai Arya berpotensi mengisi posisi jabatan Menpora yang akan ditinggalkan oleh Zainudin Amali. Sejak kuliah, Dito telah aktif berorganisasi seperti pernah menjadi Bendahara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: