Menlu China Lakukan Kunjungan Resmi Pertama ke Indonesia: 'RRT Sebagai Mitra Dagang Terbesar di Sini'

Menlu China Lakukan Kunjungan Resmi Pertama ke Indonesia: 'RRT Sebagai Mitra Dagang Terbesar di Sini'

Menlu China, Qin Gang Kunjungi Indonesia-VCG--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Rakyat China, Qin Gang untuk pertama kalinya mengunjungi Indonesia pada Rabu, 22 Februari 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan Qin Gang di Istana Merdeka, Jakarta hari ini.

Mendampingi Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan itu menuturkan kalau kunjungan Menlu Qin Gang sebagai kunjungan resmi pertamanya pasca dilantik pada Desember 2022 lalu.

BACA JUGA:Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan, Harapan Jokowi: 'yang Paling Penting...'

"Kunjungan ini adalah kunjungan resmi pertama Menlu RRT ke kawasan kita dan Jakarta untuk kali ini merupakan tujuan tunggal (single destination)," kata Menlu Retno.

Ada beberapa hal yang disampaikan Jokowi ke Qin Gang dalam pertemuan tersebut.

Salah satu pembahasan yang diucapkan adalah soal pentingnya peningkatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dan RRT.

"Di dalam hal ini perlu saya sampaikan bahwa sejauh ini RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan status perdagangan kita makin lama makin seimbang,” tuturnya.

BACA JUGA:Pasca Pandemi, Jokowi: Porsi Anggaran untuk Gaji dan Pensiunan PNS Akan Lebih Besar!

Selain itu Jokowi juga memberikan penjelasan terkait beberapa kerja sama strategis yang perlu ditingkatkan di antara kedua negara.

Seperti penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, pembangunan green industrial park di Kalimantan, pembangunan Ibu Kota Nusantara, hingga industri hilirisasi yang sedang dijalankan oleh pemerintah Indonesia.

"Menlu RRT menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan atau kerja sama ekonomi dengan Indonesia termasuk untuk memperbesar impor dari Indonesia terutama untuk produk-produk pertanian," papar Menlu Retno.

"Dan dalam pertemuan tadi, Menlu RRT menyampaikan dukungan kuat bagi keketuaan Indonesia di ASEAN." tutupnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: