Waspada! Berikut 5 Tanda Kadar Kolesterol Tinggi yang Terlihat Pada Kaki

Waspada! Berikut 5 Tanda Kadar Kolesterol Tinggi yang Terlihat Pada Kaki

ilustrasi - tanda kolesterol tinggi pada kaki-Kindel Media-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yaitu kebiasaan memakan gorengan yang mengandung lemak jenuh, selain itu kebiasaan merokok, obesitas dan jarang berolahraga dapat menjadi pemicu Kolesterol tinggi.

Walau begitu, banyak yang masih mengabaikan kolesterol, dan tak sedikit yang menganggap hanyalah gejala kesehatan biasa.

Padahal, kolesterol jika dibiarkan dan tidak terkendali lama-kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah. Kondisi tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit stroke, aterosklerosis, angina, dan serangan jantung. 

BACA JUGA:GONJANG GANJING! Dua Kubu Capres dalam Pusaran Pilpres 2024, Pengamat: Pemenang Bukan Ditentukan Jumlah Parpol Pengusung!

BACA JUGA:Kocak! Ridwal Kamil 'Kepleset' Ngomong 'Nanti Juni, Saya Jadi Gubernur DKI' Depan Heru Budi

Namun, rupanya tanda-tanda kolesterol tinggi dapat diketahui melalui kaki. Dilansir dari beberapa sumber berikut 5 tanda kolesterol tinggi pada kaki yang perlu diwaspadai.

1. Kram pada kaki

Salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi yaitu mengalami kram pada kaki di malam hari pada area telapak kaki, jari-jari, dan tumit. Hal tersebut disebabkan karena aliran darah menurun dan menyebabkan kadar oksigen berkurang.

2. Alami kesemutan

Kadar kolesterol berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki menyempit karena aliran darah ke dalam jaringan tubuh semakin berkurang. Sehingga, aliran darah pada kaki tidak sesuai dan membuat kaki menjadi kesemutan.

BACA JUGA:5 Rutinitas Pagi Hari untuk Tingkatkan Kesehatan Mental, Yuk Lakukan Mulai Sekarang!

3. Mati rasa di kaki

Ciri lain kadar kolesterol tinggi yaitu kaki mengalami mati rasa. Kondisi ini menandakan bahwa pembentukan plak telah berkembang di arteri dan pembuluh darah lainnya serta alami gangguan aliran darah yang dapat mencegah darah yang kaya oksigen mencapai kaki.

4. Rasa nyeri di Kaki

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: