Kisah Laila Majnun, Cerita Cinta 'Terepik' Sepanjang Masa

Kisah Laila Majnun, Cerita Cinta 'Terepik' Sepanjang Masa

kisah cinta Laila Majnun layak diangkat dalam tema valentine 2023 kisah cinta mistis tentang kerinduan akan tuhan--gambar Gava Media

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Valentine days, atau hari Valentine sebentar lagi akan dirayakan oleh rakyat dunia yang jatuh pada tanggal 14 Februari.

Biasanya orang-orang muda saling memberi coklat untuk melambangkan perasaannya kepada pasangan. Kali ini kami ingin merekomendasikan kisah cinta Laila Majnun untuk merayakan hari valentine.

Hari valentine merupakan kisah yang datang dari tradisi umat kristen, tetapi dalam literatur kekristenan pun sejarah hari valentine memiliki banyak versi.

BACA JUGA:Pakar Yakinkan KPK Tangkap Anies Soal Dugaan Korupsi Formula E: 'Kalau Fakta Hukum Sudah Lengkap, Jangan Ragu!'

Terlepas mana kah versi yang paling benar, nyatanya sebagian besar negara-negara di dunia merayakan hari valentine tidak terkecuali di Indonesia.

Orang Indonesia memang kerap kali gampang menyerap informasi dan tidak heran lantaran wataknya yang nerimo, budaya asing sangat mudah untuk diasimilasikan oleh masyarakat.

Pada tulisan tentang Valentine kali ini kami merekomendasikan kisah Laila Majnun sebagai bahan perenungan dalam merayakan kisah cinta yang sedang kita jalin.

Laila dan Majnun adalah alegori sufistik tentang cinta mistis dimana cinta kepada Tuhan di mistal kan seperti cinta kepada sang kekasih yang saling merindu.

BACA JUGA:Kocak! Ayu Ting-Ting Tolak Dijodohkan dengan Teman Ayah Rozak: 'Udah Banyak Umurnya, Kayak Ngeliat Bapak'

Majnun adalah perlambang bagi sang Qois yang saking cinta dan tidak ingin berpisah dengan Laila ia menjadi Majnun atau gila.

Laila diperlambangkan sebagai Sang Tuhan, yang sangat dicinta oleh Majnun. Seorang sufi pasti mengklaim dirinya sebagai Majnun atau Qois yang sangat merindu dan tidak ingin berpisah dengan Tuhan.

Kerinduan adalah jalan menuju persatuan. Para sufi percaya bahwa dengan merindu, akan bisa membuat dirinya dekat dengan Tuhan dan meninggalkan dunia. Lewat perasaan merindu maka sang sufi akan menenggelamkan diri dalam jiwa yang bersatu dengan Tuhan.

Untuk dapat membaca kisah Laila Majnun secara lengkap silahkan kunjungi mizanstore.com atau langsung ke Gramedia dan temukan buku Laila dan Majnun karangan Nizam Ganjavi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber