Trubus Beri Ultimatum ke Erick Thohir: 'Jika Terpilih Jadi Ketum PSSI, Dia Harus Siap Mundur dari Menteri'

Trubus Beri Ultimatum ke Erick Thohir: 'Jika Terpilih Jadi Ketum PSSI, Dia Harus Siap Mundur dari Menteri'

Trubus Rahadiansyah---Youtube

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Federasi Indonesia buka calon ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk periode 2023-2027.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendaftar diri menjadi calon. Erick mendatangi kantor PSSI di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu 15 Januari 2023.

Merespons hal ini, pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menyatakan, secara etik ketika Erick Thohir nantinya terpilih sebagai Ketum PSSI harus mundur dari jabatannya sebagai Menteri BUMN.

BACA JUGA:Banjir Dukungan, Duet Ganjar - Erick Thohir Makin Sulit Dibendung

Namun, memang tidak ada aturan yang mengharuskan Erick mundur dari jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Memang idealnya harus mundur, tapi nggak ada ketentuan harus mundur, jadi dia tetap merangkap pun nggak masalah. Sepanjang itu fokus," Minggu 15 Januari 2023.

Jika Erick ingin fokus mengurus permasalahan sepak bola di Indonesia seharusnya bisa mundur dari posisi Menteri BUMN. Namun, dia merasa ragu jika Erick meninggalkan jabatan tersebut.

Terlebih, kata Trubus, Erick Thohir salah satu orang kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemerintahan. Tak dipungkiri, Erick dipercaya Presiden Jokowi mengurus acara Presidensi G20 dan juga pernikahan Kaesang dengan Erina.

BACA JUGA:Ketum PAN Zulkifli Hasan Pilih Erick Thohir Sebagai Cawapres, Ini Alasannya...

"Kalau mau fokus ya itu tetap mengundurkan diri, ngurusin PSSI tapi saya rasa hal itu tidak akan dilakukan dan presiden tidak akan setuju. Karena Pak Erick Thohir ini kan dalam tanda petik orang kepercayaan Presiden," ungkap Trubus.

Meski demikian, Trubus mengapresiasi keputusan yang dilakukan Erick untuk membenahi sepak bola Indonesia. Mengingat pengalamannya pernah menjadi pemilik Inter Milan.

"Kalau pengalaman memang Erick Thohir, pernah memimpin Inter Milan. Jadi sudah punya pengalaman," papar Trubus.

Sebelumnya, Erick Thohir memastikan diri untuk maju sebagai calon Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023 – 2027. Erick mendaftarkan ke Kantor PSSI di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu 15 Januari 2023.

BACA JUGA:Sah! Iwan Bule Mundur dari Ketua PSSI: 'Terima Kasih Kerjasama dan Dukungannya'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber