Ki Kusumo Bongkar Ramalan Jayabaya Sejak 1135: Gunung Semeru Meletus, Bumi Berkalung Besi

Ki Kusumo Bongkar Ramalan Jayabaya Sejak 1135: Gunung Semeru Meletus, Bumi Berkalung Besi

ki kusumo ungkap ramalan jayabaya sudah banyak yang terjadi-tangkap layar (ganjil misteri)-Youtube

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Jayabaya sudah sangat dikenal oleh sebagian orang khususnya oleh orang Jawa, bahkan ia menulis ramalan masa depan yang diperkirakan akan berlangsung hingga tahun 2100. Mengenai hal tersebut, Ki Kusumo termasuk yang mendalami prediksi Jayabaya yang kini banyak menjadi kenyataan.

Memiliki nama panjang Sri Aji Jayabaya, merupakan seorang raja Kediri yang memerintah tahun 1135 sampai 1157, ia merupakan raja yang paling diingat masyarakat karena berbagai ramalannya.

Ramalan Jayabaya atau sering disebut Jangka Jayabaya adalah ramalan dalam tradisi Jawa yang ditulis oleh Jayabaya berupa kakawin atau tembang Jawa yang dapat dilihat pada kitab Musarar.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Tunjangan Insentif Guru Non PNS Cair Desember 2022 ini, Segini Besarannya dan Cara Ceknya...

BACA JUGA:Alasan Shin Tae-Yong Rotasi Pemain Jelang Indonesia Vs Brunei Darussalam di Laga ke-2 AFF 2022, Ternyata...

Dikutip dari Youtube Channel Ganjil Misteri pada Jumat, 23 Desember 2022, Ki Kusumo mengatakan ramalan Jayabaya bersifat umum dan merinci dengan jelas.

"Sebenarnya Jayabaya itu meramalkannya bukan general, bukan umum tapi lebih rinci. Kalau kita kembali pada ramalannya Jongko Jayabaya itu adalah ramalan-ramalan yang merinci, jelas," kata Ki Kusumo.

Ki Kusumo menjelaskan ramalan-ramalan yang diungkapkan oleh Jayabaya yang menjadi kenyataan.

“Jadi ada beberapa cerita-cerita yang memang faktanya terjadi seperti meletusnya semeru, itu semua terjadi. Bumi berkalung besi, itu kan jadi rel kereta api. Ada besi bisa mabur, ada pesawat terbang itu kan rinci jelas,” jelas Ki Kusumo.

BACA JUGA:Anak Indigo Ramal Kematian Serempak di Satu Lokasi, Netizen Kaitkan dengan Peristiwa Bom Bunuh Diri

Dia pun mengatakan ramalan oleh Jayabaya ini jauh sebelum saat ini, namun kehebatan Jayabaya dapat melihat jauh ke masa depan. 

“Cuma bahasanya pakai bahasa orang dulu. 1135 (tahun) itu jauh sebelum kita sekarang, tapi Jayabaya ini dia bisa melihat ke masa depan dengan sejauh-jauhnya, selebar-lebarnya, seluas-luasnya,” lanjut Ki Kusumo.

Kemudian ia menyebutkan kejadian-kejadian yang telah terjadi saat ini menurut ramalan Jayabaya.

“Jadi dia bisa menemukan, bercerita tentang kapal laut. Dia bercerita tentang teknologi yang ada, perempuan seperti lelaki, lelaki menjadi perempuan nanti akan disahkan begini begitu dan sekarang kan terjadi,” ujar Miyan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: