Hadirkan Fitur Chat pada Diri Sendiri, WhatsApp Jelaskan Fungsi dan Manfaatnya Buat Pengguna

Hadirkan Fitur Chat pada Diri Sendiri, WhatsApp Jelaskan Fungsi dan Manfaatnya Buat Pengguna

WhatsApp hadirkan fitur chat pada diri sendiri, netizen penasaran fungsi dan manfaatnya--Search Engine Jurnal

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID Jadi bagian aplikasi sosial media, WhatsApp terus melakukan inovasi terhadap fitur-fiturnya.

Belakangan, salah satu fitur yang baru saja dirilis adalah chating alias ngobrol dengan diri sendiri. Alhasil, fitur ini pun jadi sorotan warganet.

Di antara banyak pertanyaan netizen yang cukup krusial adalah: bagaimana cara kerja fitur chat pada diri sendiri tersebut dan apa manfaatnya?

Sudah digunakan lebih dari 390 juta orang pada 2021, WhatsApp tentu ingin menghadirkan fitur-fitur lain untuk memanjakan para penggunanya.

Terlebih, banyak fitur pada WhatsApp yang terbukti memanjakan para penggunanya, misal fitur chat, melihat status dan memberi reaksi pada status kontak di HP.

BACA JUGA:Doddy Sudrajat Temani Mayang Operasi Hidung, Total Biayanya Jadi Sorotan!

BACA JUGA:Pesan Jokowi Jelang Pilpres 2024: Jangan Sampai Ada Gesekan, Apalagi Adu Domba!

Makanya, membuktikan sebagai perusahaan yang selalu berkembang berinovasi, WA pun lantas merilis fitur chat ke diri sendiri yang konon itu untuk memenuhi permintaan para pengguna.

Oh ya, chat ke diri sendiri pada WA sebenarnya sudah ada sebelumnya, hanya saja harus dilakukan dengan menggunakan browser lewat tautan https://wa.me.

Dengan fitur baru itu, pengguna tidak perlu repot-repot berpindah aplikasi untuk mengirim chat pada diri sendiri.

Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Pengguna tinggal memilih fitur obrolan baru dan di jajaran kontak teratas, akan ada nama Anda.

Pilih nama Anda kemudian ketikkan pesan, maka Anda akan mendapatkan pesan itu dalam waktu singkat.

BACA JUGA:Jusuf Kalla Ungkap Presiden Harus Netral Menjelang Pilpres 2024: Sudah Dua Kali!

BACA JUGA:Dipegang-pegang Lucinta Luna, Atta Halilintar Colek Aurel: Kok Kamu Nggak Marah?

Untuk memudahkan mencari chat dari diri sendiri di WhatsApp dan tidak tertutup oleh chat lain, Anda bisa menyematkan chat itu dengan fitur ‘pin’.

Mungkin ada banyak orang yang menganggap fitur ini tidak begitu penting untuk diluncurkan tapi beberapa pengguna sudah merasakan manfaatnya.

Sebagaimana dilansir dari The Verge, pengguna bisa mengirim chat ke diri sendiri berupa catatan singkat, reminders, tautan, foto, daftar belanjaan dan hal-hal sederhana lainnya untuk dibuka di lain waktu tanpa harus membuka aplikasi lain.

Cara tersebut sebenarnya sudah bisa dilakukan dengan aplikasi Discord. Caranya adalah dengan membuat grup chat tanpa mengundang siapapun.

Tidak sedikit juga orang yang mengirim email ke diri sendiri untuk memudahkan membuka isinya dari perangkat berbeda.

BACA JUGA:Indra The Rain Rela Lelang Gitar Kesayangan Demi Bantu Korban Gempa Cianjur, Niat Hati yang Sangat Mulia

BACA JUGA:Wow Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Punya Kekayaan Hampir Rp 180 M: Saya Bukan dari Keluarga Berada..

Dengan adanya fitur chat ke diri sendiri di WhatsApp, Anda tidak akan mendapatkan lagi email tanpa subject karena ingin mengirim pesan yang singkat.

Fitur ini sebenarnya sudah diterapkan oleh rival Whatsapp, Signal. Aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya menulis di ‘Note to Self’ untuk memudahkan mencari catatan dalam satu aplikasi.

Ada pula aplikasi Slack yang punya fitur serupa bernama ‘Jot Something Down’ untuk pengguna yang ingin mengirim catatan atau chat ke diri sendiri.

Sementara Telegram punya fitur ‘Save Message’ yang bisa membuat pengguna menandai pesan penting, catatan dan remainder untuk dibuka di lain kesempatan.

Fitur ini dirilis WhatsApp sejak 7 November 2022 dan kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp di berbagai negara, salah satunya Amerika.

Di Indonesia, fitur chat ke diri sendiri belum tersedia sejauh ini. Hanya saja, dengan pembaruan dalam beberapa waktu ke depan, kita sudah bisa mencoba fitur ini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber