Pertama periksa roller, roller yang aus atau kotor dapat menyebabkan akselerasi tidak halus dan perpindahan gigi yang tidak optimal.
Selanjutnya, periksa clutch carrier assy atau kampas ganda.
Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan tenaga dari mesin ke roda belakang.
BACA JUGA:RESMI! Xavi Hernandez Tidak Akan Melatih Barca untuk Musim Depan, Barcelona Punya Pilihan Baru
2. Kampas rem
Sangat penting bagi pengendara untuk memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang.
Kampas rem yang aus dapat mengurangi efektivitas pengereman, sehingga penting untuk segera menggantinya jika diperlukan untuk memastikan sistem pengereman tetap optimal.
Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kampas rem sudah aus dan perlu diganti.
Salah satu tanda yang paling umum adalah munculnya bunyi decitan ketika pengendara melakukan pengereman.
BACA JUGA:Fakta! Daerah Ini Tidak Ada Satupun Indomaret dan Alfamart, Ini Alasannya
Bunyi ini biasanya disebabkan oleh gesekan antara logam pada kampas rem yang sudah aus dengan cakram rem.
Selain itu, pengendara mungkin akan merasakan tarikan tuas rem yang terasa lebih dalam dari biasanya, menandakan bahwa kampas rem sudah menipis dan tidak lagi dapat memberikan daya cengkeram yang cukup.
Untuk memeriksa ketebalan kampas rem, pengendara dapat melihat secara visual apakah kampas rem masih memiliki ketebalan yang cukup atau sudah mendekati batas minimal.
Biasanya, pabrikan menyediakan indikator ketebalan pada kampas rem yang dapat dijadikan acuan.
Jika ketebalan kampas rem sudah mendekati atau berada di bawah batas yang disarankan, segeralah lakukan penggantian.
BACA JUGA:Rebahan Memang Sangat Nyaman, Tapi Hati-hati Bisa Kena Penyakit Ini