Viral Kebun Bunga Edelweiss Ranca Upas Rusak Akibat Lomba Motor Trail: 'Hancur, Lihat Nih..'

Jumat 10-03-2023,06:14 WIB
Reporter : Tamadhir Taharani
Editor : Priya Satrio

POSTINGNEWS.ID - Kebun budidaya edelweis rawa rusak akibat ajang motor trail di kawasan Ranca Upas, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Viral sebuah video yang beredar di sosial media menampakkan seorang pria marah. Pria itu bernama Supriatna alias Uprit. Dalam video tersebut Uprit mengatakan bunga itu cukup langka karena hanya ada di dua lokasi di Jawa Barat. Sedangkan, saat ini kebun edelweis tersebut rusak setelah digunakan ajang motor trail.

Ranca Upas merupakan salah satu tempat yanv membudidayakan edelweis. Uprit mengaku dirinya merupakan salah satu orang yang mengelola dan membudidayakan bunga tersebut.

BACA JUGA:Kades Viral Berambut Mohawnk Punk Berujung Dipanggil Pemkab

Oleh sebab itu, dirinya kesal terhadap pihak yang memberikan izin terselenggara nya acara dan menyesal membiarkan acara tersebut. 

"Hancur, lihat nih dampaknya seperti ini," ujar Uprit dalam video, Rabu (8/3/2023).

Ranca Upas atau dengan nama lebih lengkapnya Kampung Cai Ranca Upas ternyata merupakan salah satu bumi perkemahan di Bandung, Jawa Barat. 

Perhutani mengelola Ranca Upas yang memiliki luas area sekitar 215 hektare dan berada 1700 meter di atas permukaan laut. Melansir dalam laman resmi perhutani.co.id, Ranca Upas merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sejuk. Berjarak 50 km dari pusat Kota Bandung, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya Ranca Upas.

Tempat ini terkenal dengan bumi perkemahan dan penangkaran rusanya yanv terletak di Kawasan wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung. Bukan hanya itu, Ranca Upas juga tidak kalah kece karena disertai spot-spot foto yang instagramable.

BACA JUGA:Viral! Tampilan Seorang Kades Berambut Mohawk Layaknya Anak Punk

Para wisatawan bisa menikmati beragam wahana yang ada di Ranca Upas, terdapat jalur trekking lintas hutan, motor ATV, aktivitas berkuda, paint ball, dan archery atau memanah. Ada juga wahana kolam air panas alami, belanja dan memetik buah strawberry, serta mengikuti program healing forest (camp).

Diketahui, banderol untuk harga tiket masuk Ranca Upas sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 75 ribu per orang, belum termasuk biaya masuk wahana.

Sementara itu, untuk kendaraan pengunjung juga akan dikenakan tarif masuk Ranca Upas. Biayanya mulai dari Rp 2000 hingga Rp 30 ribu.

Sebelumnya, viral unggahan video akun Twitter @MrBekalicky89. Dalam video tersebut menampakkan komunitas motor trail merusak bunga edelweiss rawa di kawasan Ranca Upas, Ciwidey, Bandung.

BACA JUGA:Desy Ratnasari Sebut Seseorang yang Viral Sebagai Prestasi: 'Harus Ada Ilmunya'

Kategori :