5 Tips yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Rumah dengan KPR Bank!

5 Tips yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Rumah dengan KPR Bank!

hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah-Alena Darmel-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Memiliki rumah sendiri tentunya menjadi impian bagi tiap orang. Namun membeli rumah bukanlah hal yang mudah, terkhusus bagi mereka yang baru ingin berencana membeli rumah untuk pertama kalinya.

Rumah merupakan aset investasi jangka panjang, pengeluarannya tak sedikit sehingga harus teliti dalam mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Dilansir dari beberapa sumber berikut tips yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin membeli rumah untuk pertama kali dengan sistem KPR bank.

1. Rencanakan budget

Rencanakan budget atau batas kemampuan bayar, agar nantinya tidak membebani kondisi finansial untuk memenuhi kebutuhan pokok. Biasanya bank mensyaratkan angsuran KPR per bulan maksimal sebesar 30% penghasilan bersih pribadi maupun gabungan antara suami dan istri diluar dari cicilan hutang lainnya.

BACA JUGA:Sule-Mang Saswi dan Budi Dalton Dilaporkan ke Polisi Usai Sebut Miras: Minuman Rasulullah

BACA JUGA:Mawar AFI Ungkap Telah Dilamar Oleh Sang Kekasih: Dia Duda Tapi Bukan Suami Orang

2. Lokasi strategis

Pentingnya memperhatikan lokasi rumah yang akan kamu pilih sehingga memudahkan mobilisasi. Pastikan untuk menghitung jarak dari rumah ke tempat kerja, layanan kesehatan, sekolah, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum.

3. Risiko bencana

Pilihlah rumah yang bebas dari bencana alam, khususnya banjir dan tanah longsor. Kedua bencana alam ini terbilang sering terjadi ketika musim hujan tiba, cari informasi dan bertanya dengan orang lokal penting untuk dilakukan.

4. Memiliki dana darurat

Pastikan memiliki dana darurat untuk hal-hal tidak terduga ketika membeli rumah. Ketahui terdapat biaya lain diluar cicilan KPR, seperti tagihan listrik, biaya keamanan dan kebersihan atau biaya cicilan lainnya. 

5. Riwayat kredit yang baik

Penting untuk tidak memiliki track record buruk sebagai tips membeli rumah pertama kali. Hal ini dapat memudahkan seseorang mendapatkan hunian ketika mengajukan KPR di bank. Bank akan melihat riwayat yang bersih apabila pembeli tidak memiliki utang yang menunggak.

Sumber:

(edited)

Berita Terkait