Amazon Akan PHK 10 Ribu Karyawan Sekaligus, Ini Penyebabnya

Amazon Akan PHK 10 Ribu Karyawan Sekaligus, Ini Penyebabnya

Amazon akan PHK 10 ribu Karyawan-Ilustrasi PHK-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Amazon dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 10 ribu karyawan yang bekerja di Amazon tersebut dalam waktu dekat.

Informasi ini berasal dari laporan The New York Times Selasa, 15 November 2022.

PHK tersebut kemungkinan mencakup staf yang bekerja di perangkat Amazon (seperti asisten suaranya Alexa), serta orang-orang di divisi ritel dan sumber daya manusia. 

BACA JUGA:Gibran Rakabuming Temui Anies Baswedan, Ini yang Dibicarakan

Akan tetapi jumlahnya karyawan yang terdampak bisa berubah-ubah bisa bertambah ataupun berkurang sesuai dengan kebutuhan nantinya.

PHK akan dilakukan secara bertahap karena beberapa tim masih harus menyelesaikan rencana bisnisnya. 10.000 pegawai berarti tiga persen dari pegawai tetap Amazon dan kurang dari satu persen dari tenaga kerja globalnya  juta, yang terutama terdiri dari pekerja per jam.

Bisnis Amazon sempat maju pesat di masa pandemi, dimana semua orang beralih ke belanja online. Perusahaan juga banyak menggunakan layanan komputasi awan karena pegawainya bekerja dari rumah.

Namun tren belanja online kini tak setinggi kala pandemi. Para pekerja juga sudah kembali masuk kantor. Ditambah lagi dari ketidakpastian kondisi geopolitik dari Perang Rusia-Ukraina. 

BACA JUGA:Nikita Mirzani Ajukan Pengalihan Penahanan Jadi Tahanan Rumah

Hal itu membuat pertumbuhan Amazon melambat ke tingkat terendah dalam dua dekade. Perusahaan akhirnya menghadapi biaya tinggi dari keputusan untuk berinvestasi berlebihan,  sementara perubahan dalam kebiasaan berbelanja dan inflasi yang tinggi merusak penjualan.

Sebelumnya, di era kejatuhan dot.com pada 2001, Amazon memangkas  1.500 pekerjaan, termasuk pekerja per jam, yang berjumlah 15 persen dari stafnya pada saat itu. 

Dalam beberapa bulan terakhir, Amazon juga telah menutup atau mengurangi beberapa inisiatif, termasuk Amazon Care, layanannya yang menyediakan perawatan kesehatan primer.

Sepanjang tahun ini berjalan, saham Amazon telah jatuh lebih dari 40 persen di tengah penurunan pasar yang lebih luas.

BACA JUGA:Taman Pendidikan Sarwendah Dilempari Batu Hingga Kaca Pecah, Teror Berlanjut?

Sumber:

(edited)