5 Cara Atasi Overthinking, Cepat Lawan Pikiran Demi Hindari Pikiran Negatif!

5 Cara Atasi Overthinking, Cepat Lawan Pikiran Demi Hindari Pikiran Negatif!

overthinking--Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kekhawatiran dan overthinking yang terus-menerus sering kali dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Ketika kamu terlalu overthinking, rasa cemas akan meningkat dan akan menyebabkan stres.

Overthinking merupakan kebiasaan tidak sehat karena hanya terberfokus pada hal negatif. Memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan bisa menjadi hal yang dipikirkan saat overthinking.

Alih-alih memecahkan masalah, overthinking justru hanya membuat berpikir yang tidak tidak tanpa menemukan solusi permasalahan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi overthingking. Simak caranya sebagai berikut:

BACA JUGA:Stefan William Dianggap Cuek, Celine Evangelista: Aku Cari Uang Untuk Kebutuhan Anak-anak

BACA JUGA:Tanggapi Nyanyian Ismail Bolong Soal Dugaan Setoran Uang ke Kabareskrim, Ini Kata Ferdy Sambo

1. Menyadari Terlalu Banyak Hal yang Dipikirkan

Terlalu banyak berpikir bisa menjadi kebiasaan yang bahkan tidak disadari saat melakukannya. Mulailah memperhatikan cara berpikir sehingga menyadari letak masalahnya. Saat mengulang peristiwa dalam pikiran berulang kali, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan, akui bahwa ini ada manfaatnya.

2. Tetap Fokus pada Pemecahan Masalah

Overthinking tidak akan menyelesaikan masalah jika kita tidak mencari solusinya. Tetaplah fokus pada penyelesaian dengan memikirkan kita bisa berpikir jernih untuk mencari solusi.

3. Lawan Pikiran

Pikiran manusia sangat mudah terbawa oleh pikiran negatif. Ingatlah bahwa emosi kamu akan mengganggu kemampuan untuk melihat situasi secara objektif.

4. Lakukan sesuatu yang berbeda

Cara ini bisa membantumu melupakan pikiran-pikiran yang ada di kepalamu. Mengalihkan perhatian merupakan cara yang tepat bagi kamu yang suka overthinking. Kamu bisa mencoba kegiatan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya saja bergabung dengan komunitaS, berpetualang atau sekadar menonton film dan memasak di rumah yang selama ini jarang kamu lakukan.

BACA JUGA:Ditangkap Bersama Dua Wanita, Anggota DPRD Musi Rawas Ngaku Sudah Enam Bulan Konsunsi Sabu

Sumber: berbagai sumber

(edited)