Simak! Cara Pengajuan Bantuan STB Gratis untuk Warga Miskin, Buruan Sebelum Kehabisan

Simak! Cara Pengajuan Bantuan STB Gratis untuk Warga Miskin, Buruan Sebelum Kehabisan

Pendistribusian STB Gratis untuk warga miskin di Jabodetabek diklaim sudah mencapai 99,3 persen-ilustrasi-pixabay.com

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Penyaluran set top box (STB) untuk rumah tangga miskin (RTM) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diklaim sudah mencapai 99,3 persen.

"Sampai dengan 3 November 2022, sebanyak 476.088 unit Set Top Box (99,3%) dari target 479.307 unit STB telah terdistribusikan kepada penerima bantuan di wilayah Jabodetabek," demikian keterangan Kominfo, Jumat 4 November 2022.

Kementerian mengatakan, bantuan STB sejumlah 4,3 juta unit itu berasal dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) alias Stasiun Televisi penyelenggara siaran digital atau Multipleksing (MUX).

BACA JUGA:Buruan Daftar! LabKlinik Kimia Farma Buka Lowongan Kerja Buat 3 Posisi, Cek Persyaratannya

Rinciannya, Surya Citra Media (SCTV dan Indosiar) sebanyak 1.213.750 unit; Metro TV (704.378 unit), MNC Group (RCTI dan Global TV) 1.143.121 unit, Trans Group (Trans TV dan Trans 7) 616.511 unit, RTV 500 ribu unit, VIVA Group (TVOne dan ANTV) 149.587 unit, serta Nusantara TV 3.000 unit.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo sifatnya membantu bila ada kekurangan," ujarnya.

Kominfo menegaskan bantuan STB ini "hanya untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM) yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial."

"Serta sudah diverifikasi dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, lalu verifikasi dan validasi juga oleh pemerintah kabupaten dan kota," terangnya.

BACA JUGA:Waspada! Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak Tajam, Prokes Kembali Diperketat

Namun, bagi warga yang masuk golongan ekonomi mampu yang memerlukan perangkat STB "dapat membeli secara mandiri."

"Perangkat STB dijual secara luas di toko-toko elektronik dan online marketplace dengan harga mulai dari Rp150 ribu," pungkasnya.

Terdapat lebih dari 70 tipe STB dari 45 produsen bersertifikasi Kominfo dengan berbagai variasi fitur yang ditawarkan.

Meski menyisakan 0,7 persen penyaluran STB untuk warga miskin, Kominfo mengaku tetap menyiapkan sejumlah posko untuk 'menagih' STB gratis untuk masyarakat miskin.

Berikut cara pengajuan bantuan STB gratis untuk warga miskin:

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber