Sri Mulyani Temui Menteri Keuangan Amerika Serikat, Bahas Soal Apa?

Sri Mulyani Temui Menteri Keuangan Amerika Serikat, Bahas Soal Apa?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Bertemu dengan Menteri Keuangan Amerika [email protected]

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menteri Keuangan yaitu Sri Mulyani Indrawati menemui Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen ke Washington D.C. Sri menyebut keduanya membahas kondisi dunia yang bergerak begitu cepat. 

Pertemuan tersebut diutarakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di akun Instagram miliknya yang bernama @smidrawati pada Rabu, 12 Oktober 2022.

"Rasanya belum cukup lama (bertemu), tapi ada banyak sekali perkembangan isu global yang kami bahas karena pergerakan situasi dunia sangat dinamis," kata Sri dalam keterangan resmi dalam unggahan di Instagramnya, @smidrawati, Rabu malam, 12 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Polisi Tetapkan Rizky Billar Sebagai Tersangka KDRT Terhadap Lesti Kejora

Sri Mulyani mengatakan bahwa mereka merembuk masalah ancaman kerawanan pangan yang terjadi karena krisis di berbagai negara di dunia. Krisis ini juga mendorong volatilias gejolak harga komoditas. 

Pada akhirnya krisis yang diiringi ledakan inflasi ini akan membuat bank sentral negara-negara di dunia mengambil kebijakan mengerek tingkat suku bunga. Kenaikan suku bunga pun akan akan berimbas terhadap penguatan dolar yang membuat pertumbuhan ekonomi global loyo. 

+++++

"Kami bersepakat terus mendorong perkembangan dana FIF sebagai mitigasi risiko pandemi di masa depan," ucap Sri Mulyani. 

Tak hanya itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa keduanya mendiskusikan potensi kerja sama untuk mewujudkan ekonomi hijau dan transisi energi. Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan Yellen mengapresiasi upaya Presidensi G20 Indonesia dalam mengatasi isu-isu krisis tersebut.

BACA JUGA:Tiga Anggota TNI Diperiksa Terkait Kasus Pembunuhan ASN Pemkot Semarang

"Saya sangat menghargai dukungan Menkeu Yellen dan berharap dukungan ini akan terus berlanjut hingga pertemuan-pertemuan G20 selanjutnya," kata Sri Mulyani. 

Sekadar informasi, Sri Mulyani Indrawati lahir di Bandar Lampung, Lampung, pada tanggal 26 Agustus 1962. Sri adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010. 

Sebelum menjadi Menteri Keuangan, Ia menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu.

Sumber:

(edited)