75 Titik Panas Terdeteksi di Sekitar IKN Nusantara

75 Titik Panas Terdeteksi di Sekitar IKN Nusantara

Ilustrasi kebakahan hutan-Pixabay-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga saat ini masih menjadi ancaman bagi wilayah di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Buktinya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mencatat hari ini, Minggu (25/9/2022), terdeteksi sebanyak 75 titik panas di wilayah sekitar IKN Nusantara.

Pihak BMKG mengingatkan agar temuan puluhan titik panas di sekitar IKN Nusantara itu segera ditindaklanjuti.

"Sebanyak 75 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan, Iwan Munandar, dikutip dari fin.co.id.

BACA JUGA:Ledakan Diduga Bom Terjadi di Asrama Polisi Sukoharjo

Ditambahkan Iwan, temuan 75 titik panas itu telah disampaikan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur maupun kabupaten setempat, untuk ditindaklanjuti.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan tiga hari lalu pihaknya juga mendeteksi sebanyak 87 titik panas yang tersebar di lima kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas itu telah padam setelah dilakukan penanganan.

Sedangkan 75 titik panas yang terpantau hari ini tersebar di empat kabupaten, yakni Kabupaten Paser terdapat 8 titik, Kutai Barat 18 titik, Kutai Timur 14 titik, dan Kabupaten Berau sebanyak 35 titik panas yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

+++++



Rinciannya adalah untuk 8 titik panas di Kabupaten Paser tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Batu Sopang 3 titik, Kecamatan Batu Engau dan Pasir Belengkong masing-masing 1 titik, dan Kecamatan Muara Komam 3 titik.

Sebanyak 18 titik panas di Kabupaten Kutai Barat tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Dilangputi 5 titik, Kecamatan Damai 4 titik, Kecamatan Muara Pahu 2 titik, dan Kecamatan Siluq Ngurai 7 titik.

Sebanyak 14 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Timur, tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Telen 6 titik, Kecamatan Busang dan Sangkulirang masing-masing 1 titik, serta Kecamatan Muara Bengkal ada 6 titik panas.

Sedangkan di Kabupaten Berau terdeteksi 35 titik panas, tersebar di 7 kecamatan, yakni Kecamatan Biduk-Biduk 5 titik, Gunung Tabur 3 titik, Sambaliung 2 titik, Segah 15 titik, Tabalar 8 titik, Kecamatan Pulau Derawan dan Talisayan masing-masing terpantau 1 titik panas.

BACA JUGA:Daftar 13 Nama Anggota Polri yang Disebut dalam Konsorsium 303, Ada 3 Kapolda

Untuk diketahui lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terletak di Penajam Paser Utara yang besebelahan dengan Kabupaten Paser dan Kabupaten Kutai Barat.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: