Aturan Baru SNMPTN 2023, Siswa Boleh Lintas Prodi

Aturan Baru SNMPTN 2023, Siswa Boleh Lintas Prodi

SNMPTN 2023-Istimewa-

"Baik kurikulum 2013, kurikulum darurat maupun kurikulum merdeka," ujar Sekretaris Ditjen Dikti-Ristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie kepada Media Indonesia, Selasa,13 September 2022.

Dengan aturan tersebut, sekolah yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka tetap mengumpulkan 50 persen nilai rata-rata siswanya.  

Artinya, meski sekolah masih memberlakukan penjurusan IPA dan IPS, aturannya tetap sama dengan sekolah yang tidak lagi menerapkan penjurusan.

BACA JUGA:Wajib Tau, Alasan Stres Bisa Picu Penyakit Jantung

Selain itu, PTN juga dapat menetapkan mata pelajaran pendukung prodi dan/atau prestasi dan/atau portofolio dengan bobot maksimal 50 persen.  

Untuk penilaian seleksi jalur prestasi ya hampir sama dengan SNMPTN. Untuk nilai rapor dan portofolio dimasukkan melalui sistem dan yang melakukan penilan PTN masing-masing.

Karena PTN diberikan kewenangan untuk menentukan kriteria sesuai dengan yang ditetapkan oleh PTN maksimal 50 persen," jelasnya.

Selain itu, penyelenggara seleksi juga diganti oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) yang berada di bawah kementerian. 

Dengan demikian, sekaligus menggantikan peran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: