Miris! Anak-anak Meninggal Usai Konsumsi Parasetamol, Ternyata...

Miris! Anak-anak Meninggal Usai Konsumsi Parasetamol, Ternyata...

Puluhan anak meninggal akibat Parasetamol-id.theasianparent.com-Website

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Berita mengenaskan kali ini datang dari Afrika Barat, yakni adanya kasus anak-anak meninggal karena mengonsumsi Parasetamol.

Anak yang meninggal akibat parasetamol dengan waktu berdekatan sudah dilakukan autopsi dan hasil autopsi menunjukkan penyebab meninggal berkaitan kuat dengan parasetamol.

"Puluhan anak (di bawah usia lima tahun) telah meninggal dalam tiga bulan terakhir," kata direktur layanan kesehatan Gambia, Mustapha Bittaye.

BACA JUGA:Waw! Ternyata Buah Nanas Dapat Memberikan 3 Manfaat Alami

Kepala layanan kesehatan negara Afrika Barat itu mengatakan telah melakukan penyelidikan setelah lonjakan kasus gagal ginjal akut pada anak-anak di bawah usia lima tahun terdeteksi di akhir Juli.

Anak-anak tersebut mengalami gejala sulit buang air kecil, demam dan muntah yang mengarah ke gagal ginjal.

Regulator obat-obatan, yang dikenal sebagai Medicines Control Agency (MCA), mengatakan tidak ada cukup data untuk menjamin larangan umum penggunaan sirup paracetamol. Sirup paracetamol menjadi obat penghilang rasa sakit yang sering digunakan untuk mengobati demam pada anak.

+++++

Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kematian puluhan anak di Afrika Barat tidak menunjuk ke paracetamol, tetapi ke sumber infeksi seperti air yang tercemar, meski begitu menurutnya ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, sehingga diharuskan melakukan penelitian lanjut.

BACA JUGA:Kasus Mobil Alphard Jesica Iskandar di Bali, Ini Kronologisnya

Otoritas kesehatan setempat juga tidak mengesampingkan kemungkinan penyebab lainnya yakni infeksi bakteri E coli. Kemungkinan terjadi karena hujan lebat telah menyebabkan banjir di Gambia dan di sebagian besar wilayah Afrika Barat, dalam beberapa pekan terakhir.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: