Tangggapi Pembobolan Data Pribadinya oleh Hacker Bjorka, Ini Kata Anies Baswedan...

Tangggapi Pembobolan Data Pribadinya oleh Hacker Bjorka, Ini Kata Anies Baswedan...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Foto: dok. @aniesupdate-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Tidak hanya data pribadi petinggi negara, hacker Bjorka juga memobol data pribadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Melakui chanel Telegram-nya, Bjorka yang mengaku sebagai hacker menyebarkan data pribadi Anies Baswedan mulai dari nomor HP, alamat, serta mama istri, anak, orang tua Anies.

Tidak hanya menyebarkan data pribadi, kinerja Anies selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta juga disindir Bjorka.

Bjorka menanyaan apakah Anies telah mengatasi masalah banjir dan kemacetan di Jakarta. Ia juga mengatakan jika Jakarta bukan cuma Sudirman dan Thamrin.

BACA JUGA:Bjorka Makin Makin Merajalela Hingga Tantang Pemerintah Bongkar Statusnya

Pembobolan data pribadi tersebut ditanggapi oleh Anies Baswedan. Anies menyampaikan jika nomor induk kependudukan (NIK) hingga nomor HP miliknya yang disebarkan oleh Bjorka salah.

"Iya, sayang. Nomor induk kependudukannya salah. Nomor HP-nya juga salah," kata Anies Baswedan seperti dikutip dari fin.co.id, Selasa (13/9/2022).

Bjorka menyebar data pribadi Anies Baswedan itu melalui chanel Telegeram-nya yang baru. Lalu menyndir Anies lewat Twitternya.

+++++



Selain Anies Basweda, data pribadi dari sejumlah pejabat negara juga ikut disebar oleh akun Bjorka.  Mulai dari Menteri Kominfo Johnny G Plate, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Polhukam Mahfud MD, hingga Muhaimin Iskanda Ketua Umum PKB.

Bjorka juga menyasar data pribadi pegiat media sosial seperti Denny Siregar dan Permadi Arya atau Abu Janda. Dia menyindir kedua orang ini sebagai buzzer yang sering menciptakan polarisasi di tengah masyarakat.

Sebelumnya, Denny Siregar sempat menantang Bjorkan untuk menyebarkan data pribadi Anies Baswedan. Sebab Denny Siregar menduga Bjorka adalah hacker lokal yang juga merupakan pendukung Anies Baswedan.

Tantangan itu pun dijawab Bjorka. Dia mengatakan hari ini dia akan membocorkan data-data pribadi tokoh di Indonesia.

BACA JUGA:Dikukuhkan Warga Kehormatan Kostrad, Ini Kata Kapolri

"Yea ini hari kebalikan. Sebelumnya hanya informasi pribadi penduduk Indonesia yang dibocorkan, sekarang para pemimpin bisa merasakan juga. Seru bukan?" pungkas Bjorka.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut merespon kasus kebocoran data yang belakangan ini sering terjadi di sejumlah lembaga dan Kementerian. Termasuk kebocoran data yang dilakukan oleh hacker dengan nama Twitter Bjorka.

Jokowi meminta jajarannya untuk segera berkoordinasi dan menelaah terkait kebocoran data termasuk data dan surat-surat Presiden Jokowi yang diklaim dibocorkan oleh Bjorka.

+++++



Hal itu diminta Jokowi dalam rapat bersama sejumlah Kabinet di Istana Negara pada Senin 12 September 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, Presiden Jokowi, intsruksikan jajarannya untuk membuat tim darurat guna menangani kasus tersebut.

Tim tersebut akan terdiri dari berbagai unsur, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian Republik Indonesia, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Johnny mengatakan, perlu ada emergency response team yang terkait untuk menjaga tata kelola yang baik di Indonesia untuk menjaga juga kepercayaan publik.

BACA JUGA:Anies Baswedan dan Ahmad Riza Datang Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Bahas Soal Ini

"Jadi akan ada emergency response team dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya," terang Johnny G Plate kepada wartawan di Israna Negara, Senin 12 September 2022.

Terkait dengan kebocoran data rahasai Presiden Jokowi, Johnny G Plate mengatakan, data-data yang beredar itu bukan data terbaru. Dia menyebut bukan data penting.

"Di rapat dibicarakan bahwa ada data-data yang beredar oleh salah satunya oleh Bjorka, tetapi data-data itu setelah ditelaah sementara adalah data-data yang sudah umum, bukan data-data spesifik dan bukan data-data yang ter-updatesekarang, sebagian data-data yang lama untuk saat ini,” kata Johnny G Plate.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: