Kepulauan Mentawai Kembali Diguncang Gempa, Kali Ini dengan Magnitudo 5,1

Kepulauan Mentawai Kembali Diguncang Gempa, Kali Ini dengan Magnitudo 5,1

Ilustrasi gempa-Pixabay-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Wilayah Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat pada Senin (12/9/2022) dinihari kembali diguncang gempa bumi.

Lewat akun Twitter resminya @infoBMKG, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, gempa berkekuatan magnitudo 5,1.

Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer, dan berjarak 147 kilometer arah barat laut Kepulauan Mentawai, dengan koordinat 1,22 Lintang Selatan (LS) dan 98,5 Bujur Timur (BT)

Dikutip dari fin.co.id, BMKG juga menyebutkan skala intensitas gempa tersebut berada pada kategori IV-V MMI (Modified Mercalli Intensity) di wilayah Sagulubeg, kategori III di Padang, dan III di daerah Padang Panjang.

BACA JUGA:Setelah Kepulauan Mentawai, Giliran Pacitan Diguncang Gempa Bumi

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Sebelumnya, pada Minggu (11/9/2022) pagi sekira pukul.06.10 WIB, wilayah Kepulauan Mentawai juga diguncang gempa dengan magnitudo 6,1.

Selang 14 menit kemudian atau tepatnya pada pukul 06.24 WIB terjadi gempa bumi susulan berkekuatan M 5.4 yang berpusat di 1.25 LS dan 98.49 BT pada kedalaman 11 km.

+++++



BMKG menyatakan dua gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai dan BPBD Provinsi Sumatera Barat, gempa bumi itu dirasakan kuat selama kurang lebih 5 detik di Tuapejat dan 10 detik di Kota Padang.

Guncangan gem pabumi tersebut memicu kepanikan warga sehingga berhamburan keluar rumah. Beberapa warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini telah melakukan evakuasi mandiri ke lokasi pengungsian.

BACA JUGA:Bripka RR Beberkan Drama Duren Tiga, Loyalis Ferdy Sabo Mulai Tamat

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai Novriadi, warga di tujuh dusun di Desa Simalegi dan warga di tiga dusun di Desa Simatalu, Kecamatan Siberut Barat kembali mengungsi ke perbukitan yang lebih tinggi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: