Operasi Microsleep, Diklaim Bisa Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol Hingga 40 Persen

Operasi Microsleep, Diklaim Bisa Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol Hingga 40 Persen

Operasi Microsleep, Diklaim Bisa Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol Hingga 40 Persen--

LAMPUNG, POSTINGNEWS.ID - Kendaraan-kendaraan terutama truk pengangkut barang yang hendak memasuki rest area akan dilakukan pemeriksaan dalam program operasi microsleep.

Para petugas, di antaranya dari PT Hutama Karya maupun Kepolisian di Rest Rest Area KM 215 B Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka).

Pemeriksaan itu merupakan bagian dari kampanye setuju alias selamat sampai tujuan. Di mana, sebuah kampanye yang bertujuan meningkatkan kesadaran berkendara di jalan Tol Trans Sumatra.

Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Terpeka Yoni Satyo Wisnuwardhono membenarkan hal tersebut.

BACA JUGA:Menengok Proses Pembuatan Bontot, Camilan Khas Serang

"Pada malam hari ini, kami sebagai Badan Usaha Jalan Tol melaksanakan kampanye Setuju (Selamat Sampai Tujuan) yang pertama itu adalah keselamatan nomor 1, yang kedua menurunkan angka fatalitas di jalan tol, tertib berkendara di jalan tol, lalu tertib muatan dan tertib kecepatan," ungkapnya.

+++++

Lebih lanjut ia menjelaskan, adapun dalam pelaksanaannya kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan dan juga mengurangi fatalitas kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol.

"Dan pada hari ini kita melakukan operasi lampu belakang tidak hidup, dan juga ban gundul, selain itu kami juga melakukan operasi microsleep," jelasnya.

Kemudian, adapun upaya yang dilakukan saat menemukan lampu kendaraan yang tidak hidup, menurut Yoni pihaknya akan memasangkan lampu senter sementara.

"Untuk lampu belakang tidak hidup fatalitas yang terjadi itu, bisa terjadi tabrak belakang. Dengan adanya operasi lampu belakang ini kita harapkan dapat menekan penyebab kecelakaan yang terjadi diakibatkan lampu belakang tidak hidup.

BACA JUGA:8 Manfaat Air Beras untuk Perawatan Kulit, Wajah dan Rambut

Kita melakukan penempelan stiker skotlet, dan juga memberikan lampu sementara berupa lampu senter yang kita tempelkan di belakang kendaraan. Kita siapkan sebanyak 100 pcs malam ini," tuturnya.

+++++

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber