Mengonsumsi Cabai dalam Jumlah Besar, Ini Bahayanya!

Mengonsumsi Cabai dalam Jumlah Besar, Ini Bahayanya!

Mengonsumsi Cabai dalam Jumlah Besar, Ini Bahayanya!-Illustrasi-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebagian orang mengonsumsi cabai memang bisa menambah selera makan. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Tak hanya itu, kebiasaan konsumsi cabai dalam jumlah besar bisa memicu masalah di saluran pencernaan seperti lambung menjadi sensitif, sakit maag, irritable bowel syndrome yang kadang membuat orang mudah diare.

Artinya, konsumsi cabai yang tidak berlebihan sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah. Namun, jika diasup berlebihan dan cabai yang dikonsumsi memiliki tingkat pedas tinggi, hal ini tentu dapat menimbulkan berbagai dampak negatif.

Mengutip Halo Doc berikut adalah bahaya yang mengintai jika mengonsumsi cabai secara berlebihan;

BACA JUGA:Dr Zaidul Akbar Ungkap Keistimewaan Minum Air Kelapa Tua

+++++

A. Berpotensi Mengiritasi Fisura Ani

Fisura ani merupakan sebuah sobekan kecil pada lapisan anus yang dapat terjadi ketika mengeluarkan feses yang terlalu keras atau besar. Sobekan tersebut dapat menyebabkan nyeri dan perdarahan saat buang air besar.

Meski dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu empat sampai enam minggu, tapi makanan yang terlalu pedas dikabarkan dapat memperburuk gejala fisura ani.

Hal ini merujuk pada sebuah penelitian tahun 2008 yang berjudul Consumption of red-hot chili pepper increases symptoms in patients with acute anal fissures. A prospective, randomized, placebo-controlled, double blind, crossover trial.

Dalam penelitian tersebut, partisipan secara acak diberikan plasebo selama seminggu dan kapsul cabai selama seminggu. Penelitian tersebut menyatakan bahwa Konsumsi cabai memang meningkatkan gejala fisura ani akut dan menurunkan kepatuhan pasien.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Digadang Maju Capres PPP, Waketum Partai Gerindra Angkat Bicara

+++++

B. Meningkatkan Risiko Gastritis

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: