Kompolnas akan Telusuri Lokasi Tes PCR Irjen Ferdy Sambo

Kompolnas akan Telusuri Lokasi Tes PCR Irjen Ferdy Sambo

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto-Kompolnas-


Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto|Kompolnas|

 

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Hingga saat ini, lokasi tes PCR yang dilakukan Irjen Pol. Ferdy Sambo pada Jumat (8/8/2022) lalu masih belum terungkap.

Ferdy Sambo yang dinonaktifkan Kapolri dari jabatan Kadiv Propam Polri disebutkan tengah melakukan tes PCR pada saat terjadi baku tembak antaranggota Polri di rumah dinasnya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Dalam baku tembak itu, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J tewas ditembak oleh Bharada E, yang merupakan ajudan Ferdy Sambo.

Belakangan, kasus kematian Brigadir J menimbulkan sorotan karena dinilai banyak kejanggalan. Ketiadaan Ferdy Sambo di lokasi kejadian dengan alasan sedang melakukan tes PCR merupakan salah satu dari sekian kejanggalan yang disorot publik saat ini.

BACA JUGA:Komnas Perempuan Ungkap Alasan Istri Ferdy Sambo Hingga Saat Ini Masih Bungkam

Terkait alibi tes PCR tersebut, Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto, mengatakan pihaknya akan melakukam penelusuran.

Benny pada Kamis (21/7/2022) mengatakan, pihaknya akan mengecek semua yang terlibat dalam tes PCR itu, termasuk petugas yang menanganinya.

Terkait kasus ini  Benny menyebutkan jika pihaknya juga telah mendatangi TKP (tempat kejadian perkara) di rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

+++++



Dikatakan Benny, pihaknya datang untuk melihat suasananya TKP, termasuk mengecek arah tembakan.

Benny mengungkapkan, di TKP temukan lubang-lubang bekas tembakan di dinding rumah di beberapa lokasi, seperti di dekat tangga arah ke atas.

“Masih ada bekas-bekasnya dikasih tanda, di kasih nomor, dan ditarik benang dari arah mana tembakan,” kata Benny.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan bukti CCTV di lokasi kejadian telah ditemukan. Bukti itu nantinya akan mengungkapkan secara jelas kasus yang diklaim baku tembak antarasesama polisi itu.

BACA JUGA:Soroti Senjata yang Digunakan Bharada E, Ini Kata Irjen Napoleon Bonaparte

Dedi mengatakan saat ini CCTV tersebut sedang didalami Tim Khusus (Timsus) di Laboratorium Forensik agar bisa mengungkap kronologi yang sebenarnya.

Temuan ini nantinya akan dibuka apabila seluruh rangkaian proses penyidikan dilakukan Timsus selesai.

Dedi tidak merinci di lokasi mana saja CCTV tersebut ditemukan, dan berapa jumlahnya, termasuk apakah temuan CCTV ini akan mengungkap kejadian Brigadir J masuk ke kamar istri Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo saat kejadian penembakan terjadi Jumat (8/7).

+++++



Sementara itu, Direktur Penyidikan Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi mengatakan bukti baru CCTV ditemukan penyidik dari beberapa sumber.

Saat ini CCTV sedang berada di Laboratorium Forensik untuk dilakukan sinkronisasi dan kalibrasi waktu agar data yang ditampilkan sesuai dengan meta data dari CCTV itu sendiri bukan atas kemauan penyidik.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: