Catat! Pengalihan Siaran TV Analog ke TV Digital Dilakukan 30 April 2022

Catat! Pengalihan Siaran TV Analog ke TV Digital Dilakukan 30 April 2022

Pendistribusian STB Gratis untuk warga miskin di Jabodetabek diklaim sudah mencapai 99,3 persen-ilustrasi-pixabay.com


Jadwal Program Acara NET TV, TRANS TV dan Trans7 Selasa 31 Agustus 2021: Jealousy Incarnate Masuki Episode Terakhir /pixabay.com||pixabay.com

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Program pengalihan siaran TV analog ke TV digital, atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama bakal dilakukan pada 30 April. 

Kemudian tahap ke-3 atau serentak bakal dimulai pada 30 November.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengingatkan masyarakat agar segera memeriksa apakah TV miliknya sudah dalam format digital (DVB-T2) atau tidak.

"Sekali lagi saya ingin mengingatkan masyarakat yang memiliki TV untuk memeriksa apakah TV-nya sudah DVB-T2 atau belum. Kalau sudah DVB-T2, maka otomatis bisa menerima layanan digital. Tapi kalau belum, maka perlu memasang STB," ujar Plate, Selasa 29 Maret 2022. 

+++++

BACA JUGA:Alasan Pemerintah Alihkan Dana Bansos untuk Subsidi BBM dan Listrik

Plate mengaku, telah bekerja sama dengan penyelenggara multipleksing untuk menyediakan Set Top Box (STB) ke keluarga miskin agar mereka bisa menikmati TV digital.

"Kami bekerja sama dengan penyelenggara multipleksing untuk menyediakan STB ke keluarga miskin," ujarnya.

Sedangkan bagi kelas menengah atau yang bukan tergolong miskin, Plate menilai kalau rata-rata TV mereka sudah dalam bentuk digital.

"Kepada masyarakat yang tidak dikategorikan sebagai masyarakat miskin, yang mempunyai televisi. Maka segeralah pastikan TV-nya bisa menerima siaran digital. Dimulai dari 30 April 2022," ucapnya.

+++++

BACA JUGA:Premium Pensiun, Pertalite Resmi Jadi BBM Penugasan

Sebelumnya Kominfo mendesak publik untuk segera membeli perangkat STB jika belum memiliki perangkat tv yang bisa menangkap siaran tv digital.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: