Kemah di Titik Nol IKN, Jokowi Lakukan Ritual Kendi Nusantara bersama 33 Gubernur se-Indonesia

Kemah di Titik Nol IKN, Jokowi Lakukan Ritual Kendi Nusantara bersama 33 Gubernur se-Indonesia

Presiden Joko Widodo akan melakukan ritual nusantara di titik nol IKN, Penajam Paser Utara, IKN Senin 14 Maret 2022. -BPMI Setpres/Muchlis Jr-


Presiden Joko Widodo akan melakukan ritual nusantara di titik nol IKN, Penajam Paser Utara, IKN Senin 14 Maret 2022. |BPMI Setpres/Muchlis Jr|

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin, 14 Maret 2022 akan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara

Lokasi titik nol tersebut berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Dalam kegiatan kemah tersebut, rencananya Presiden Jokowi juga akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

BACA JUGA:Korea Selatan Punya Presiden Baru, Jokowi Tulis Pesan Ini untuk Moon Jae-in

Para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal. 

Tanah itu nantinya disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

Gubernur Kaltim Isran Noor membawa tanah dan air dari dua daerah, kata HM Syafranuddin, yakni dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser.

BACA JUGA:Akhirnya! Dipilih Nama Nusantara Buat Ibu Kota Negara Baru, Suharso Beberkan Alasan Presiden Jokowi: Ikonik di Internasional!

Lokasi IKN Indonesia yang baru tersebut sebagian di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser, air serta tanah tersebut simbol mewakili Kesultanan di Provinsi Kaltim.

+++++

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu 13 Maret 2022 atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu.

Sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku. 

BACA JUGA:Tegas! Presiden Jokowi Serius Hadapi Gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Beberapa Hal Penting ini Jadi Sorotan

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: