Terjawab! Alasan IKN Dipindah ke Kaltim, Ali Mochtar Ngabalin: Biar Indonesia Tidak Jadi jawa Sentris!

Terjawab! Alasan IKN Dipindah ke Kaltim, Ali Mochtar Ngabalin: Biar Indonesia Tidak Jadi jawa Sentris!

Soal Pemindahan IKN ke Kaltim, Ali Mochtar Ngabalin: Biar Gak Jawa Sentris!--Instagram @ngabalin


Soal Pemindahan IKN ke Kaltim, Ali Mochtar Ngabalin: Biar Gak Jawa Sentris!||Instagram @ngabalin

"Alasan pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur dijawan Ali Mochtar Ngabalin: ini akan memutus mata rantai 'apa-apa' orang Jawa!"

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID -  Soal pemindahan ibu kota negara (IKN) baru ke Kalimantan Timur masih jadi perbincangan hangat publik.

Baru-baru ini, pernyataan Ali Mochtar Ngabalin terkait alasan pemindahan IKN ke Kaltim itu justru menjadi sorotan warganet.

Ali Mochtar Ngabalin berpendapat, dipindahkannya IKN dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kaltim ini dimaksudkan untuk azas pemerataan pembangunan di Tanah Air.

Selain itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) tersebut juga mengatakan, pemindahan IKN ini adalah bukti keseriusan pemerintah agar tidak terjadi Jawa sentris.

BACA JUGA:Ruhut Sitompul 'Serukan' Polisi Agar Edy Mulyadi Dipanggil yang ke-2 dan Panggilan ke-1 Buat Nicko Silalahi, Kenapa?

BACA JUGA:Edy Mulyadi Siap Jalani Hukum Adat Kalimantan, Tim Kuasa Hukum Ajukan Beberapa Syarat ini yang Harus Dipenuhi?

"Sebagian besar APBN hanya berputar di Jawa, jadi gagasan pertama dan utama dari pemindahan IKN ini adalah agar Indonesia tidak menjadi Jawa sentr​​is," kata Ali Ngabalin dikutip, Minggu, 30 Januari 2022.

+++++

Masih menurut Ali, pemindahan IKN dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kaltim tentu bukan tanpa alasan dan terkesan asal-asalan.

Sebaliknya, hal tersebut lantaran Pulau Jawa selalu menjadi penyumbang terbesar bagi perekonomian Indonesia.

Terlihat dari besaran Produk Domestik Bruto (PDB) Pulau Jawa sebesar 57,55 persen terhadap PDB nasional, sebagaimana data Badan Pusat Statistik (BPS) per kuartal III 2021.

Hal itu, menandakan perputaran ekonomi terbesar terjadi di Pulau Jawa.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber