Waspada! Jember Ikut Diguncang Gempa Magnitudo 5,1, Sejumlah Rumah Warga Rusak Berat

Waspada! Jember Ikut Diguncang Gempa Magnitudo 5,1, Sejumlah Rumah Warga Rusak Berat

Gempa Magnitudo Terjadi di Jember, Jawa Timur, Pagi tadi, Kamis 16 Desember 2021--BNPB


Gempa Magnitudo 5,2 SR Terjadi di Jember, Jawa Timur, Pagi tadi, Kamis 16 Desember 2021||BNP

"Gempa kembali terjadi di Pulau Jawa, kali ini dirasakan warga Jember, Jawa Timur. Gempa magnitudo 5,1 SR terjadi pagi hari, pukul 06.01 WIB dan hal ini memicu kepanikan warga sekitar. Ada beberapa rumah mengalami kesusakan berat, sedang dan ringan."

JEMBER, POSTINGNEWS.ID - Gempa kembali melanda Tanah Air, kali ini gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5,1 mengguncang Jember, Kamis (16/12/2021) pukul 06.01 WIB.

Berdasarkan informasi dari BNPB, masyarakat yang merasakan gempa mengalami kepanikan hingga berlarian ke luar rumah.

"Masyarakat sempat panik, kondisi saat ini telah kembali kondusif," demikian informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (16/12/2021).

Guncangan gempa pagi tadi turut dirasakan sejumlah wilayah dengan intensitas getaran kecil yakni di Kabupaten Probolinggo, sedangkan di Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang getaran sangat besar.

BACA JUGA:Mendadak! Megawati Tunjuk Ganjar Pranowo Maju di Pilpres 2024 untuk Lanjutkan Perjuangan Jokowi? Cek Faktanya

Meskipun tidak berpotensi tsunami, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pemantauan dan menghImbau warga untuk waspada adanya gempa susulan. 

+++++

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. mengatakan, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan sementara kerusakan akibat gempa.

Akibat kejadian ini, satu unit rumah rusak berat, empat unit rumah rusak sedang, enam unit rumah rusak ringan serta satu pondok pesantren rusak ringan.

Selain itu, sekitar 11 Kepala Keluarga (KK) dikabarkan terdampak dan masih dalam proses pendataan tim kaji cepat.

BACA JUGA:Terkuak Penyebab Gunung Semeru Meletus, Disebut Ada 'Janji' yang Belum Diselesaikan, Pria Indigo Asal Kediri Beri Peringatan Keras

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan titik pusat gempa berada di laut, tepatnya 42 km barat daya Jember, dengan kedalaman 10 km. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: bmkg