Geger Harga Bawang Putih Naik Tinggi, Ternyata Ini yang Jadi Penyebabnya

Geger Harga Bawang Putih Naik Tinggi, Ternyata Ini yang Jadi Penyebabnya

penyebab kenaikan bawang putih-uyrsa-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah mengungkapkan hasil penyelidikan mereka mengenai penyebab utama di balik lonjakan harga bawang putih di pasar dalam negeri. 

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai masalah ini, KPPU telah memanggil sejumlah pihak terkait untuk memberikan keterangan dan klarifikasi. 

Pihak-pihak yang dipanggil tersebut termasuk Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Ombudsman, berbagai asosiasi yang berhubungan dengan komoditas bawang putih, serta Bea Cukai. 

BACA JUGA:Apa Sih Keunggulan HUAWEI WATCH Fit 3? Pasti Cocok Buat yang Suka Olahraga!

Pemanggilan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh dan mendalam dari berbagai sudut pandang guna mengidentifikasi akar masalah yang menyebabkan naiknya harga bawang putih.

Anggota KPPU, Eugenia, mengungkapkan bahwa salah satu temuan penting dari penyelidikan ini adalah informasi yang diperoleh dari para importir bawang putih. 

Berdasarkan keterangan mereka, kenaikan harga bawang putih sebagian besar disebabkan oleh buruknya kualitas produk bawang putih yang diimpor. 

Bawang putih yang masuk ke Indonesia ternyata tidak memenuhi standar kualitas yang diharapkan. 

BACA JUGA:Tesla Tetap Jadi Mobil Terdepan Paling Inovatif, Tapi Masih Dibayangi Produsen Tiongkok

Bawang putih berkualitas rendah ini memiliki sejumlah masalah, seperti ukuran yang kecil, kondisi yang cepat membusuk, dan rasa yang tidak sebaik bawang putih berkualitas tinggi.

Akibat dari impor bawang putih berkualitas rendah ini, pasokan bawang putih yang layak konsumsi di pasar menjadi terbatas. 

Bawang putih yang tidak memenuhi standar ini cenderung tidak diminati oleh konsumen dan pedagang, sehingga terjadi penurunan ketersediaan bawang putih yang dapat dijual dengan harga yang wajar. 

Hal ini menciptakan ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran di pasar, yang akhirnya memicu kenaikan harga bawang putih secara signifikan.

BACA JUGA:7 Langkah Aman Untuk Solo Traveling Bagi Pemula, Jangan Lupa Persiapkan Hal Ini!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: