Masih Belum Tahu Cara Memilih Oli Mobil yang Bagus? Simak Tips Ini

Masih Belum Tahu Cara Memilih Oli Mobil yang Bagus? Simak Tips Ini

Oli mesin mobil-peoplecreations-Freepik

BACA JUGA:Arsenal Gagal Juara EPL dengan Selisih Cuma 2 Poin, Kai Havertz: Kami Harus Menerimanya

3. Jika Anda Ingin Lakukan Touring, Persiapkan Oli Full-Synthetic yang Encer

Oli yang kaya akan mineral alami adalah pilihan terbaik untuk mesin Anda meskipun lebih cepat habis dan agak kental membuatnya kurang cocok untuk mesin baru, pilihan Anda kemudian terbatas pada oli semi-synthetic dan full synthetic dengan yang pertama mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari dan lebih tahan dingin serta penguapan.

Namun, oli full synthetic memberikan ketahanan terbaik, terutama dalam kondisi suhu ekstrem, meskipun harganya sedikit lebih tinggi, oli full synthetic yang sering dipakai dalam balapan menawarkan pelumasan terbaik dan sangat stabil dalam berbagai kondisi.

Ini sangat disarankan untuk pemakaian saat touring terutama untuk kondisi dataran tinggi, oli jenis ini seperti SAE 5W-30 memberikan fleksibilitas optimal dan membuat mobil terasa lebih tangkas dan responsif di jalan.

BACA JUGA:6 Cara Mudah Menghilangkan Noda Minyak Pada Pakaian

4. Pilihlah Kode API yang Terbaru 

Semakin baru kode API semakin canggih teknologinya yang bisa kamu lihat dari huruf belakangnya yang semakin mendekati Z, oli mesin bensin umumnya pakai kode SJ hingga SP sedangkan oli diesel menggunakan kode CH-4 sampai CK-4, dimana CK-4 memberikan perlindungan terbaik untuk mesin diesel bahkan yang lebih lama.

API terbaru seperti SP atau CK-4, membantu mengurangi penguapan saat cuaca panas sangat cocok untuk kendaraan yang sering terjebak macet di kota.

Semakin baru API-nya semakin tahan lama mesinnya dan biasanya sudah disesuaikan dengan mesin kendaraan terbaru, ada juga standar lain seperti ILSAC GF-6, fokusnya pada efisiensi bahan bakar dan emisi yang bisa kamu temukan di pasaran.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: