Ini 3 Penyebab Perut Sering Mulas, Bisa jadi karena Iritasi Usus?

Ini 3 Penyebab Perut Sering Mulas, Bisa jadi karena Iritasi Usus?

Ilustrasi sakit perut-ilustrasi-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Hampir semua orang pasti akan mengalami episode sakit perut dalam kehidupannya. 

Umumnya gejala ini berlangsung dalam waktu yang singkat dan berangsur membaik dengan sendirinya atau yang sering disebut sebagai perut mulas

Meskipun kebanyakan kasus tidak memerlukan perhatian medis yang serius, namun sakit perut juga bisa menjadi petunjuk terhadap masalah kesehatan yang lebih besar.

BACA JUGA:Ramalan Shio 13 Mei 2024, Mulai Dari Shio Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing hingga Babi

Ketika kita merasakan sakit perut, itu mungkin hanyalah reaksi alami terhadap makanan yang kita konsumsi atau karena kondisi sementara seperti stres atau kelelahan. 

Namun dalam beberapa kasus, sakit perut bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius, seperti infeksi, peradangan, atau gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus atau penyakit Crohn.

Saat mengalami sakit perut yang berkepanjangan, hebat, atau disertai dengan gejala tambahan seperti demam, muntah, atau perubahan dalam kebiasaan buang air besar, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis. 

Oleh karena itu, pahami 3 potensi penyebab perut mulas, simak dibawah ini:

BACA JUGA:Asam Lambung Sedang Naik? Jangan Khawatir Ini 8 Cara Mengatasinya

1. Irritable Bowel Syndrome (Sindrom usus besar)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah kondisi yang sering ditemui, terutama di kalangan wanita. 

Meskipun penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, IBS mempengaruhi fungsi normal usus dan dapat menghasilkan berbagai gejala yang mengganggu, seperti diare, sembelit, perut kembung, atau kram perut yang tidak nyaman.

Salah satu karakteristik utama dari IBS adalah fluktuasi gejala yang dapat bervariasi dari ringan hingga parah, bahkan bisa berubah dari waktu ke waktu. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: