Healing Paling Pas Pergi ke Alam, Ini Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Healing Paling Pas Pergi ke Alam, Ini Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Healing Paling Pas Pergi ke Alam, Ini Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh-jcomp-Freepik

Ketika berada di alam, Anda dapat benar-benar melepaskan diri dari tekanan sehari-hari, teknologi, dan interaksi sosial. Menurut Ernesto Lira de la Rosa, seorang psikolog berlisensi yang juga menjadi penasihat media untuk Hope for Depression Research Foundation, alam dapat membantu kita merasa lebih tenang dan menyegarkan pikiran kita.

BACA JUGA:Ramalan Shio 13 Mei 2024, Mulai Dari Shio Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing hingga Babi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology pada tahun 2020 menunjukkan bahwa berada di alam dapat menurunkan detak jantung, kortisol saliva, tekanan darah, serta aktivitas sistem saraf simpatis. Bahkan, hanya dengan menghabiskan waktu di alam selama 10 hingga 15 menit saja dapat meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan tekanan darah Anda.

3. Meningkatkan Kreativitas dan Konsentrasi

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology menemukan bahwa orang yang sering menghabiskan waktu di alam cenderung lebih kreatif dan memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dibandingkan dengan mereka yang lebih sering berada di lingkungan perkotaan.

Leanza juga menyinggung penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Science and Technology. Studi tersebut menemukan bahwa berjalan-jalan di taman selama 90 menit dapat meningkatkan aktivitas saraf otak yang berhubungan dengan perhatian dan berdampak positif pada kreativitas dan konsentrasi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: