Jangan Salah! Anak Muda Juga Bisa Kena Stroke Jika Gaya Hidupnya Begini

Jangan Salah! Anak Muda Juga Bisa Kena Stroke Jika Gaya Hidupnya Begini

Stroke di kalangan anak muda-jcomp-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dokter Radiologi, Kumara Tini, terungkap bahwa pola kejadian stroke di Indonesia sedang mengalami perubahan yang signifikan. 

Tidak lagi hanya mengincar kaum lanjut usia, penyakit ini kini semakin sering menimpa generasi muda. 

Faktor-faktor risiko yang terkait dengan stroke juga semakin beragam dan tersebar luas di antara populasi muda, menjadikan mereka rentan terhadap penyakit tersebut.

BACA JUGA:Kenali 3 Penyakit yang Bisa Sebabkan Kepala Sering Pusing, Gangguan Cemas Termasuk?

Menurut pandangannya, tidak bisa diabaikan bahwa insiden stroke pada usia muda sedang meningkat. 

Penyebabnya pun bisa berasal dari berbagai sumber, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, tekanan hidup yang tinggi, hingga pola makan yang kurang seimbang. 


6 Tips Ampuh Meminimalisir Kebiasaan Merokok --unair

Semua faktor ini berkontribusi pada meningkatnya risiko stroke pada generasi yang seharusnya masih dalam masa produktif.

"Ada peningkatan risiko penyebab penyakit stroke di umur yang lebih awal karena perubahan dalam gaya hidup, hipertensi, dan diabetes," kata dr. Kumara di Nusa Dua, pada hari Jumat, 26 April 2024.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Edukatif yang Bisa Menambah Wawasan Anak Sekaligus Berlibur

Kenyataan ini menggambarkan bahwa kesadaran akan pentingnya pencegahan stroke tidak hanya perlu diperkuat di kalangan lansia, tetapi juga harus ditanamkan secara intensif di kalangan muda. 

Langkah-langkah mencegah, seperti mengadopsi pola hidup sehat, rutin berolahraga, dan menjaga keseimbangan mental, menjadi semakin penting untuk mengurangi risiko stroke pada usia muda. 

Dokter Radiologi Kumara Tini menekankan perlunya perubahan pola pikir dalam upaya pencegahan dan pengelolaan stroke agar bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa, terutama di kalangan generasi muda yang masa depannya masih panjang.

Selain itu, adanya kecenderungan malas bergerak, kebiasaan merokok, minum alkohol, dan sering mengonsumsi makanan instan, telah menjadi bagian tak terhindarkan dari gaya hidup sebagian besar anak muda pada zaman ini. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: