Bolehkah Anak Kecil Pakai Skincare? Boleh Ga Sih? Begini Kata Petugas Layanan Kosmetik

Bolehkah Anak Kecil Pakai Skincare? Boleh Ga Sih? Begini Kata Petugas Layanan Kosmetik

7 Cara Memilih Skincare Dengan Benar---Istimewa

BACA JUGA:Anak Indigo Ramal Akan Ada Presiden Indonesia yang Terserang Sakit Stroke: Tidak Akan Lama Lagi...

"Hanya saja yang perlu diperhatikan orangtua adalah apakah produk tersebut memiliki data dukung keamanan. Karena produk-produk ini kan harus diuji, terutama tentang market di mana akan beredar," jelas Indira di Cibubur, pada hari Selasa, 5 Maret 2024.

Maka dari itu, pemakaian produk kosmetik oleh anak-anak dan remaja dapat dilakukan dengan pasti bahwa mereka tidak akan mengalami risiko kesehatan yang tidak diinginkan. 

Ini juga menunjukkan bahwa kesadaran akan keamanan produk kosmetik telah semakin meningkat di kalangan konsumen dan produsen, menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan aman untuk penggunaan produk kecantikan di berbagai kelompok usia.

Selain itu, Indira juga menjelaskan bahwa penggunaan kosmetik harus digunakan sesuai batas aturan usia yang diperuntukkan untuk usia tersebut.

"Jadi, misalnya target penggunanya untuk usia 17-24 tahun, maka uji keamanannya ya harus sesuai 17-14 tahun," jelas dia.

BACA JUGA:5 Tips Puasa Ramadhan 2024 Khusus Lansia, Terhindar dari Rasa Lemas dan Tetap Bugar

Hal ini dikarenakan untuk mencegah terjadinya masalah pada kulit orang yang menggunakan kosmetik tersebut namun tidak mematuhi aturan batasan usia.

Dalam hal bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetik, Indira juga menyoroti pentingnya memperhatikan kandungan tertentu yang sebaiknya dihindari, terutama bagi anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun. 

Salah satu contohnya adalah asam salisilat (salicylic acid) yang merupakan bahan yang sebaiknya tidak digunakan pada anak-anak yang masih berusia sangat muda. 

Penekanan terhadap pemilihan bahan ini menunjukkan kesadaran akan potensi risiko kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh beberapa bahan kimia tertentu, terutama pada kulit yang masih sensitif pada anak-anak. 

BACA JUGA:Minum Teh di Malam Hari Bisa Bikin Susah Tidur, Benarkah?

"Tapi kalau untuk remaja tidak ada bahan yang dibatasi. Paling buat anak-anak saja," lanjut Indira.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: