Dapat Mengatasi Jerawat, Ini Dia Manfaat Tomat Bagi Wajah

Dapat Mengatasi Jerawat, Ini Dia Manfaat Tomat Bagi Wajah

cara membuat masker tomat---pinterest

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet

Selain mengaplikasikan sunscreen, penggunaan masker tomat secara teratur dalam perawatan wajah juga dapat meningkatkan perlindungan kulit terhadap efek sinar matahari. 

Hal ini disebabkan oleh keberadaan likopen dalam tomat yang memiliki sifat fotoprotektif, sehingga mampu mencegah terjadinya sunburn dan melindungi kulit dari dampak negatif sinar UV yang berlebihan.

Menurut jurnal Photochemical & Photobiological Science, konsumsi makanan yang kaya akan likopen, seperti tomat, dapat memberikan perlindungan kepada kulit terhadap efek sinar matahari. 

BACA JUGA:Awas! Kekurangan Vitamin D Dapat Menyebabkan Depresi, Ini Alasannya

Studi tersebut juga menyatakan bahwa mengonsumsi makanan tinggi likopen dapat mengurangi tingkat sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari.

3. Membantu Pengelupasan Kulir Mati

Manfaat tomat untuk perawatan wajah ternyata melibatkan kemampuannya dalam membantu proses pengelupasan atau eksfoliasi sel kulit mati, sebab tomat memiliki kandungan pektin dan flavonoid. 

Proses eksfoliasi sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, apabila sel-sel kulit mati terus-menerus menumpuk, hal ini dapat menyebabkan kulit wajah terasa kering dan potensial menyumbat pori-pori. 

BACA JUGA:CATAT Resep Bolu Pisang Lembut Enak, Cocok Jadi Camilan Ringan Menjelang Weekend

Akibatnya, kulit menjadi rentan terhadap masalah seperti jerawat. Oleh karena itu, eksfoliasi diperlukan untuk mencegah timbulnya masalah pada kulit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9 yang terdapat di dalam tomat memberikan efek mencegah tanda-tanda penuaan dini. 

Tomat memiliki kemampuan meningkatkan produksi kolagen karena kandungan vitamin C yang melimpah, sehingga berkontribusi menjaga kekencangan kulit. 

BACA JUGA:Bursa Efek Indonesia Lakukan Pemantauan Ketat Usai Saham Turun Hingga 41 Persen

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: