Jelang Pengumuman SNBP 26 Maret, Ini Daftar PTN yang Menerima Siswa Terbanyak di 2023

Jelang Pengumuman SNBP 26 Maret, Ini Daftar PTN yang Menerima Siswa Terbanyak di 2023

Jalur masuk snbp-Racool_studio-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pengumuman penerimaan jalur SNBP akan dibuka pada tanggal 26 Maret 2024 mendatang, berikut daftar Perguruan Negeri Tinggi (PTN) yang paling banyak menerima pendaftar.

Saat ini, hampir seluruh siswa yang eligible untuk mendaftar Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sedang merasakan kekhawatiran akan nasib mereka di universitas yang dituju.

Karena jalur SNBP merupakan jalur pendaftaran paling pertama dibuka untuk mendaftar PTN dan juga jalur pendaftaran yang paling diidamkan seluruh siswa/i di Indonesia.

BACA JUGA:3 Fakta Unik Jelang Match Seru Indonesia vs Australia, Socceroos Masih Tanpa Gol di 16 Besar?

Hal ini karena jalur masuk SNBP merupakan jalur yang paling enak untuk masuk perguruan tinggi, karena tidak perlu melakukan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dikenal akan tingkat kesulitannya yang sangat tinggi.

Namun, untuk lolos jalur yang menggunakan nilai rapor diperkuat dengan sertifikat (jika punya) ini perlu memperhatikan faktor lainnya agar bisa bersaing dengan pendaftar yang lain.

Salah satu faktor yang paling menonjol adalah faktor alumni, jika alumni sekolah banyak di universitas yang dituju, maka kemungkinan untuk lolos SNBP lebih besar.

Untuk perguruan tinggi yang paling banyak menerima pendaftar di tahun 2023 adalah Universitas Brawijaya (Unbraw) dengan total siswa yang diterima sekitar 3445 peserta.


Ilustrasi Universitas Brawijaya Malang--

BACA JUGA:13 Rekomendasi Tumbuhan dan Sayuran yang Bantu Atasi Keriput di Wajah, Bahan Alami Tanpa Efek Samping!

Disusul dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan total peserta yang diterima berada di angka 3.083 siswa.

Jika melihat total angka penerimaan SNBP tersebut, mungkin akan terpikir jumlah siswa yang diterima sangat banyak.

Padahal, jika melihat rasio perbandingan total pendaftar dengan total siswa yang diterima SNBP, perbedaannya sangatlah jauh.

Di Unbraw itu sendiri, ada total 26.487 peserta yang mendaftar SNBP, sedangkan yang diterima hanya 3.445 peserta.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: