Jangan Panik! Ada 6 Cara Penting Meminimalisir Rasa Mual dan Muntah pada Anak

Jangan Panik! Ada 6 Cara Penting Meminimalisir Rasa Mual dan Muntah pada Anak

cara atasi anak mual-@halodoc-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Bagi para orang tua tentunya akan merasa khawatir ketika anaknya tiba-tiba merasa mual dan muntah, dan bingung atau panik untuk melakukan pertolongan pertama.

Tidak perlu panik, sebagai orang tua hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika anak Anda muntah adalah mencari tahu faktor apa yang menyebabkan anak muntah, bisa saja hal tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi anak.

Mual dan muntah pada anak biasanya menandakan adanya gangguan kesehatan atau infeksi tertentu, akibatnya anak akan merasa lemas karena sedikitnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA:Ini 5 Tanda Bayi Kedinginan Saat Musim Hujan Tiba, Cegah Sekarang Juga!

Sebagai orang tua terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengalaminya, Anda harus tenang dan tidak panik ketika anak Anda mual dan muntah. Hal berikut ini dapat Anda terapkan ketika anak Anda tiba-tiba mual dan muntah

1. Bersikap tenang

Ketika anak Anda sedang merasa mual dan muntah, pastikan bahwa Anda tetap bersikap tenang. Jika Anda bersikap panik atau berlebihan justru akan membuat anak Anda ketakutan dan menangis.

Sehingga, hal tersebut akan semakin memperburuk keadaan. Anda harus bersikap tenang agar tidak melakukan kesalahan dalam mengambil langkah untuk menolong anak Anda.

BACA JUGA:11 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Wajah, Minyak Hilang Seketika!

2. Biarkan Anak Muntah Hingga Selesai

Ketika anak Anda muntah, biarkan saja ia muntah hingga selesai. Anda dapat membantunya dengan menundukan kepala anak Anda, lalu memberikan usapan-usapan pada punggungnya.

Untuk memastikannya, tanyakan kepada anak apakah dia masih merasa mual atau tidak. Jangan membiarkan anak Anda menahan rasa mualnya, karena hal tersebut dapat membuat perutnya tidak nyaman.

3. Mengistirahatkan Perut

BACA JUGA:11 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Wajah, Minyak Hilang Seketika!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: