Waktu Mustajab untuk Berdoa Jumat Sore, Yuk Amalkan!

Waktu Mustajab untuk Berdoa Jumat Sore, Yuk Amalkan!

Doa tasbih malaikat-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Do'a adalah permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Tuhan, sedangkan berdoa artinya adalah mengucapkan (memanjatkan) doa kepada Tuhan.

Membaca do'a pada jum'at sore merupakan amalan yang dianjurkan, Allah akan mengabulkan permintaan dan membuka pintu ampunan sebesar-besarnya bagi siapa saja yang berdoa pada hari Jumat.

Doa sebelum maghrib hari Jumat bisa dengan membaca dzikir petang.

BACA JUGA:5 Trik Jitu Cara Menghilangkan 'Mata Panda' dengan Bahan Alami!

Waktu terbaik untuk mengamalkan doa Jumat sore adalah setelah melaksanakan sholat Ashar. 

Seorang muslim beriman yang berdoa pasti akan dikabulkan Allah SWT. Sebagaimana firmannya dalam surah Al-Baqarah ayat 186:

Arab-Latin: Wa iżā sa`alaka 'ibādī 'annī fa innī qarīb, ujību da'watad-dā'i iżā da'āni falyastajībụ lī walyu`minụ bī la'allahum yarsyudụn

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

BACA JUGA:Tips Berkendara Motor yang Aman Saat Hujan Agar Terhindar Dari Kecelakaan!

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah di hari Jumat setelah Ashar. Hal ini sesuai hadits Rasulullah SAW:

"Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar." (HR Abu Dawud).

Bacaan Doa Hari Jumat Setelah Ashar :

Amsainaaa wa amsalmulku lillaahi walhamdu kulluhu lillaahi 'azza wa jalla laa syariikalahu. Laa ilaaha illallaahu wa ilaihil mashiir.

BACA JUGA:5 Jus yang Cocok untuk Diet, Konsumsi Tiap Pagi Ya!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: