Kasus Covid-19 Naik Terus, Kemenkes Beri Imbauan Tegas: Buruan..

Kasus Covid-19 Naik Terus, Kemenkes Beri Imbauan Tegas: Buruan..

COVID 19-Ilustrasi-pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kasus covid 19 kembali naik jelang Nataru 2024 kasus Covid-19 baru di RI tembus 349 orang.

Kementerian Kesehatan Indonesia mengatakan bahwa total kasus aktif saat ini ada 1.983

Kasus mingguan yang tadinya cuma 30-40, naik menjadi 267 pasien pada periode 28 November hingga 2 Desember 2023.

BACA JUGA:Breaking News! Kebakaran Rumah Padat Penduduk di Kwitang Jakarta Pusat

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI sangat merekomendasikan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 di tengah kasus akibat virus mutan yang kembali melonjak. 

Apalagi, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 membuat mobilitas masyarakat semakin tinggi. Baik perjalanan di dalam negeri maupun WNI yang mudik dari mancanegara.

Mencermati perkembangan Covid-19 belakangan ini, di mana terjadi peningkatan kasus di Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia, Kemenkes RI mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular Covid-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara. 

BACA JUGA:Imbang Rasa Menang! Manchester United Tahan Liverpool di Anfield, Onana Jadi Pahlawan

Setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke tanah air.

Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi COVID-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG2 dan EG5.

“Saat ini, kami melihat ada kenaikan (kasus) yang cukup signifikan, diharapkan seluruh masyarakat untuk segera vaksinasi, dosis lengkap maupun booster,” kata Dirjen Maxi

Ia menambahkan, jenis vaksin yang dapat digunakan oleh masyarakat adalah vaksin buatan dalam negeri yakni Inavac dan Indovac. Keduanya telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan POM sehingga dipastikan aman, bermutu, dan berkhasiat.

BACA JUGA:Inalillahi! Iringan Mobil Anies Baswedan Mengalami Kecelakaan di Aceh, Begini Kondisinya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: