Bahaya Makan Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Begini Penjelasannya

Bahaya Makan Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Begini Penjelasannya

Ilustrasi: Diabetes.--Halodoc

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Seperti kurang melakukan aktivitas fisik, stres, dan konsumsi makanan tinggi gula, memainkan peran penting dalam terbentuknya penyakit ini. 

Selain itu, faktor genetik dan obesitas yang tidak ditangani dengan baik, cukup berpengaruh dalam peningkatan risiko diabetes

Selain sering buang air kecil, gejala diabetes yang khas adalah gampang haus atau polidipsia. 

Rasa haus ini berbeda dengan haus biasanya karena tidak akan hilang meski Anda sudah minum. Pada kondisi normal, gula di dalam darah akan disaring ginjal dan diserap kembali ke dalam darah.

BACA JUGA:Harga Souvenir Pernikahan BCL Kipas Kayu Ternyata Nyaris Rp1 Jutaan

Namun apakah benar nasi putih dapat menyebabkan diabetes?

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat utama bagi banyak orang di berbagai belahan dunia. 

Kandungan karbohidratnya yang tinggi menyebabkan peningkatan kadar gula darah setelah dikonsumsi. 

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti makanan ini dapat membuat gula darah naik secara cepat setelah dikonsumsi. 

BACA JUGA:Kisah Horor 4 Orang Anak Tewas Ditangan Bapak Kandung Sendiri di Jagakarsa

Peningkatan tajam kadar gula darah ini dapat memicu resistensi insulin, suatu kondisi di mana tubuh tidak merespons insulin dengan baik, yang pada akhirnya dapat berujung pada diabetes tipe 2.

Belum jelas apa yang membuat nasi putih bisa memicu diabetes. Namun, para peneliti menduga hal ini disebabkan karena indeks glikemiknya yang tinggi. 

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat tubuh mengubah karbohidrat menjadi gula yang dapat diserap ke dalam aliran darah. Indeks glikemik dianggap rendha jika berada di bawah 55. 

Indeks glikemiks tergolong tinggi jika berada d atas 70. Sedangkan dalam 150 gram nasi putih memiliki indeks glikemis sekitar 72.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: