Penderita Tipes Wajib Konsumsi Makanan Ini, Dapat Menambah Energi Kalian

Penderita Tipes Wajib Konsumsi Makanan Ini, Dapat Menambah Energi Kalian

penyebab tipes-Ilustrasi-Pinterest

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan kata tipes tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Bakteri tersebut biasanya sering ditemukan pada makanan atau minuman yang kita konsumsi dan sudah terkontaminasi. 

Gejala penyakit ini ditandai dengan demam, sakit perut, mual, pusing, nyeri otot, dan sering buang air besar atau diare.

BACA JUGA:Blunder! Gibran Sebut Asam Sulfat Perlu untuk Ibu Hamil, Padahal Bahaya Loh

Penyakit tipes sering kali menyerang anak-anak karena lemahnya daya tahan tubuh mereka dibandingkan dengan orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa akan terkena penyakit tipes.

Saat menderita tipes, penderita biasanya akan mengalami muntah, diare, maupun sembelit. Akibatnya beberapa penderita tipes akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Untuk mengurangi resiko dehidrasi atau kekurangan cairan, penderita tipes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan, buah-buahan serta minuman yang mengandung banyak nutrsi-nutrsi.

Berikut adalah makanan, buah-buahan serta minuman yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita tipes dan dapat mengatasi keluhan-keluhan akibat penyakit tipes:

BACA JUGA:Bye-bye Bau Mulut! 5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

1. Makanan Lunak

Salah satu gejala tipes adalah gangguan pada sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan makanan tidak dalam kondisi baik. Oleh karena itu, penderita tipes disarankan untuk mengonsumsi makanan lunak guna mempermudah fungsi kerja dari sistem pencernaan.

Selain itu, mengonsumsi makanan lunak dapat membantu menghindarkan penderita tipes dari risiko komplikasi seperti perforasi usus (lubang pada dinding usus) atau pendarahan di usus. Selama mengidap tipes, Anda juga disarankan untuk mengunyah makanan hingga teksturnya benar-benar lunak, seperti bubur atau kentang tumbuk.

2. Air Kelapa

BACA JUGA:Mau Mental Tetap Sehat? Ikuti Cara Ampuh Ini Menurut Ajaran Islam

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: