6 Cara Menabung Beli Tanah, Rajut Masa Depanmu dari Sekarang!

6 Cara Menabung Beli Tanah, Rajut Masa Depanmu dari Sekarang!

nabung investasi-Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Banyak orng mengimdakan dirinya bisa membeli tanah untuk dijadikan aset ataupun tempat tinggal.

Tak sedikit, banyak sekali yang merasa nabung tertekan demi bisa membeli tanah untuk kehidupannya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini harga tanah di ibu kota sungguh luar biasa harganya.

BACA JUGA:Gokil! Harga Emas Meroket, Segini Nominalnya

Tanah yang murah biasanya tanah yang masih berada didalam pedesaan.

Bagi kalian yang ingin menabung membeli tanah yuk gunakan cara dibawah ini.

1. Membuat Rencana Menabung Secara Terperinci

Cara menabung untuk beli rumah yang pertama dan paling penting adalah membuat rencana menabung secara terperinci. Di sini, diperlukan tekad dan keinginan kuat untuk membuat impian memiliki rumah sendiri terwujud.

Dalam membuat rencana menabung secara terperinci, sahabat perlu melakukan riset pasar dan mengetahui down payment (DP) untuk membeli rumah.Setelah itu, perkirakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk membeli rumah hingga lunas. Adapun biaya lain yang perlu dipertimbangkan adalah pajak bumi dan bangunan serta pembayaran notaris.

BACA JUGA:Waduh! Jefri Nichol Ngaku Pernah Makan Babi, Padahal Muslim Loh

2. Menentukan Nominal dan Waktu Menabung

Setelah mengetahui uang yang perlu dibayarkan untuk beli rumah, sahabat juga perlu menentukan nominal dan waktu menabung yang tepat agar dapat mencapai target. Agar tidak merasa terbebani, sahabat bisa menetapkan nominal dan waktu menabung yang sesuai dengan kemampuan.

Pastikan anggaran yang dibuat tidak melebihi pendapatan bulanan agar sahabat masih bisa memenuhi kebutuhan harian di samping menabung.Dalam tahap ini, sahabat bisa menerapkan strategi alokasi keuangan 50:30:20, di mana 50% pendapatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk menabung, dan 20% untuk dana darurat. Alokasi dana tersebut dapat menjadi cara menabung untuk beli rumah yang tidak membebani sahabat dalam memenuhi keperluan belanja barang pokok.

3. Menetapkan Target Menabung

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: