Inilah 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Merah, Baik Untuk Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Merah, Baik Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih-Ilustrasi-Pinterest

3. Obat Rematik

Rheumatoid arthritis atau yang biasa disebut rematik adalah penyakit sendi yang umum terjadi pada beberapa orang, dan merupakan penyakit autoimun.

Penderita rematik akan sering bergantung pada obat kemoterapi untuk menghilangkan rasa sakit. 

Tentunya penggunaan obat kimia secara terus menerus juga tidak baik, karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan di kemudian hari.

Kabar baiknya, air rebusan daun sirih merah dapat dijadikan bahan alami untuk meredakan rasa sakit bagi penderita rematik.

Flavonoid dan fenol yang terkandung dalam daun sirih merah memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada sendi, tanpa efek samping dari obat kimia.

BACA JUGA:5 Kegiatan yang Bisa Bikin Payudara Jadi Cepatt Kendur, Hindari Sekarang!

4. Obat Diabetes

Kabar baik untuk penderita diabetes, karena kandungan alkaloid, flavonoid dan tanin yang terkandung dalam air rebusan daun sirih merah dipercaya memiliki efek menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa daun sirih merah dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10% hingga 38%. Tentunya hal tersebut dapat memberikan harapan baru bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah mereka.

Selain itu, daun sirih merah juga kaya akan antioksidan yang juga dapat menurunkan gula darah. Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mengurangi stres yang menyebabkan ketidakseimbangan insulin.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya karena dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Namun tidak perlu khawatir, karena daun sirih merah dipercaya dapat melawan radikal bebas.

Flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloidnya yang terkandung dalam daun sirih merah berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan mencegah penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: