Aksi Boikot Produk Pro Israel Bisa Jadi Kesempatan Produk Lokal Naik

Aksi Boikot Produk Pro Israel Bisa Jadi Kesempatan Produk Lokal Naik

Ilustrasi demo-ilustrasi-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Baru-baru ini ramai aksi memboikot produk-produk di Indonesia, karena mendukung Israel setelah semua yang dilakukan Israel kepada Palestina.

Produk atau merek yang pro Israel ini ramai di boikot, usai Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang pada intinya diharamkan untuk mendukung Israel.

Membeli produk-produk yang mendukung Israel juga dianggap haram, maka dari itu banyak sekali masyarakat Indonesia yang memboikot produk yang pro Israel.

BACA JUGA:Ngeri! Dikira Gatal Biasa, Ternyata Lansia Ini Terkena Kanker

Karena banyaknya aksi boikot ini, Ketua MUI Bidang Fatwa, Prof. Asrorun Niam Sholeh pun turut memberikan tanggapan pada saat menyampaikan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina.

"Mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung, seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram," kata Prof. Asrorun di Jakarta Pusat, pada hari Jumat, 10 November 2023.

Walaupun MUI tidak mengungkapkan produk apa saja yang pro Israel, tetap banyak informasi yang menyebar di internet tentang produk-produk yang mendukung Israel.

Melihat banyaknya aksi ini, pemerintah justru menanggapinya dengan positif, lantaran aksi ini dapat membuka peluang lebih ke produk-produk lokal untuk bisa sampai ke pasar internasional.

BACA JUGA:PERHATIKAN! Ini 5 Gejala Diabetes yang Sering Dilewatkan Banyak Orang, Jangan Abai deh

Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Drs. Teten Masduki.

"Ya saya kira itu suatu peluang. Gerakan konsumen dunia itu kan juga bukan hanya sekedar murah, berkualitas, tapi juga nilai-nilai, ada 3 hal. Jadi, selain profit, people dan planet, isu lingkungannya juga ada," kata Drs. Teten di Jakarta Pusat.

Untuk mencegah ketidaksengajaan mendukung Israel karena membeli produk yang pro Israel, berikut produk lokal yang dapat menjadi alternatif sekaligus mendukung usaha lokal.

1. Richeese Factory

BACA JUGA:Bikin Ngiler! Durian Musang King Khas Lumajang Siap Panen, Harganya Berapa Nih?

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: