Tak Banyak yang Tahu, Inilah Manfaat Mengurus Kucing Menurut Pandangan Islam

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Manfaat Mengurus Kucing Menurut Pandangan Islam

Cara merawat kucing-@catlovers-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Mengurus kucing dengan ikhlas dan penuh kasih sayang ternyata adalah sebuah anjuran didalam agama islam.

Bagi kalian yang sudah mengurus kucing dengan baik dan benar kalian akan mendapatkan pahala dan juga banyak manfaat untuk diri kalian sendiri.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kalian nikmati apabila kalian merawat kucing tersebut dengan hati yang ikhlas.

BACA JUGA:Catat Harga Tiket Bus Jakarta-Padang Terupdate 2023, Tak Sampai Rp 500 Ribu!

1. Melatih Kita Untuk Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab

Dalam Islam, tanggung jawab adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memelihara kucing, kita akan belajar bagaimana cara bertanggung jawab mulai dari memberikan makanan, air, menyediakan tempat tidur yang layak, sampai dengan menjaga kucing tersebut untuk senantiasa sehat.

2. Obat Terapi Mental

Orang yang memelihara kucing seringkali mengajak peliharaannya mengobrol dan bermain. Hal ini dapat menjadi obat terapi untuk mental yang sedang tidak stabil.

BACA JUGA:TOK! Bukan Cuma AkuLaku, OJK Resmi Sanksi 23 Pinjol Ini di Bulan Oktober 2023

Kucing juga bisa menjadi penghilang stres. Dalam sebuah penelitian, para pemilik kucing memiliki denyut jantung istirahat yang rendah dan tekanan darah yang lebih rendah, dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

3. Belajar Bersedekah

Sedekah tidak hanya dapat dilakukan kepada sesama, namun juga hewan. Sebab, ketika memelihara hewan, seseorang akan memberinya makan, minum, serta merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya, "Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati yang hidup maka akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tumbuh-tumbuhan kemudian dimakan oleh manusia, burung-burung, atau binatang maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: