WASPADA! Satu Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Jakarta

WASPADA! Satu Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Jakarta

Ilustrasi Cacar Monyet-milesz-Pixabay.com

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta terus meningkatkan upaya pencegahan dan deteksi secara dini penularan cacar monyet (monkeypox) di Ibu Kota.

Sebagai langkah pencegahan Dinkes DKI Jakarta berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam melakukan penemuan kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan kewaspadaan cacar monyet dilakukan terus-menerus.

BACA JUGA:Jangan Sampai Kena Tilang, Ini Lokasi dan Jadwal Tilang Uji Emisi di DKI Jakarta

"Jadi kepentingan kita bersama agar kita selalu dapat melakukan penemuan kasus, deteksi dini dan kewaspadaan yang terus menerus," ujarnya dalam 'Sosialisasi Kewaspadaan Monkeypox" di Jakarta, Senin 16 Oktober 2023

Dalam penanganannya, Dwi Oktavia mengingatkan akan pentingnya menjaga kapasitas tenaga kesehatan (nakes), khususnya yang ada di DKI Jakarta dalam rangka menemukan kasus penyakit Kejadian Luar Biasa (KLB) baru, utamanya cacar monyet.

"Para dokter yang pertama kali menemukan pasien tentunya harus memiliki pengetahuan agar senantiasa waspada dengan penyakit yang masih banyak ditemukan dan juga mengantisipasi penyakit baru," ujar Dwi Oktavia.

Selain itu upaya sosialisasi, dikatakan Dwi Oktavia juga dilakukan untuk berkoordinasi dan berkomunikasi agar kasus yang merupakan potensi ini ditindaklanjuti, dengan benar dan cepat sebagai langkah memutus rantai penularan di masyarakat.

BACA JUGA:Ternyata Ini yang Buat Minuman Starbucks Harganya Mahal!

Bukan itu saja, dari sisi fasilitas juga diingatkan Dwi Oktavia untuk menyiapkan dukungan logistik dan menjaga kapasitas laboratorium.

"Mulai dari kemampuan pengambilan spesimen yang benar sampai dengan distribusi spesimen atau sampel ke laboratorium terpilih. Kemudian juga perlu menjaga laboratorium pemeriksa agar bisa melakukan pemeriksaan dengan cepat dan akurat." ujarnya.

Penderita cacar monyet itu mengalami gejala demam dan lesi di kulit.

Kini dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA:Siap-siap! Bansos BPNT Tahap 5 Mulai Cair, Cek Jadwal Cairnya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: