Jangan Lagi Kebingungan, Begini Cara Mudah Terbitkan STR Seumur Hidup Tenaga Medis dan Nakes

Jangan Lagi Kebingungan, Begini Cara Mudah Terbitkan STR Seumur Hidup Tenaga Medis dan Nakes

Cara dapatkan STR-Ilustrasi-Ist

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Para tenaga medis dan juga nakes jangan lagi merasa bingung dalam menerbitkan STR.

Saat ini, ada cara paling mudah untuk kalian yang ingin memiliki STR seumur hidup guna sebagai persyaratan bekerja di dunia kesehatan.

Beberapa tenaga kesehatan yang memerlukan dokumen ini antara lain seperti dokter, perawat, bidan, apoteker, psikolog, fisioterapis, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja Kedubes AS dengan Gaji Rp 255 Juta per Tahun, Mau? Simak Persyaratannya di Sini

Pemerintah mengungkapkan proses pengurusan STR bisa dilakukan melalui aplikasi SATUSEHAT SDMK.

Kini para nakes wajib melakukan pemutakhiran profil dalam aplikasi tersebut terutama untuk memperpanjang STR. Melansir dari Kemkes mekanisme proses tersebut bisa dilakukan jauh lebih cepat, transparan dan komprehensif.

Selain itu pengurusan STR seumur hidup sesuai dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor HK.02.01/Menkes/1911/2023 tentang Penyelenggaran Registrasi dan Perizinan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Pasca Terbitnya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan.

Perpanjangan STR seumur hidup lebih disarankan menggunakan platform SATUSEHAT SDMK. Hal tersebut turut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

BACA JUGA:Gak Bikin Ribet! Langkah Mudah dan Praktis Buka Mandiri Tabungan Bisnis Secara Online

“Teman-teman yang mau memperpanjang STR saya minta di SATUSEHAT itu harus memasukkan nomor rekening dan banknya itu penting sekali untuk dimasukkan sebagai syarat perpanjang STR,” Jelasnya Di Jakarta Jumat, 13 Oktober 2023.

Diketahui nomor rekening tersebut mempunyai kegunaan untuk mentransfer intensif langsung dan menjaga konsistensi sistem penggajian, tunjangan kinerja, dan TPP tenaga medis dan tenaga kesehatan. Portal SATUSEHAT SDMK juga menyediakan informasi terkini terkait pengembangan kompetensi, keprofesian, dan peluang karir.

Adapun dalam portal ini semua pemilik STR bisa melihat data dan perkembangan masing-masing. Serta bisa melakukan pemutakhiran secara mandiri jika terdapat data yang kurang sesuai dan selanjutnya akan diverifikasi oleh kementerian kesehatan.

Berikut cara untuk kalian mendapatkan STR seumur hidup melalui aplikasi SATU SEHAT SDMK.

BACA JUGA:Bisnis Lancar Tanpa Batas dengan Mandiri Tabungan Bisnis: Solusi Tepat untuk Mengembangkan Bisnismu!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: