Erick Thohir Kandidat Kuat Cawapres Prabowo, Pengamat: 'Sudah Dapat Restu dari Presiden Jokowi'

Erick Thohir Kandidat Kuat Cawapres Prabowo, Pengamat: 'Sudah Dapat Restu dari Presiden Jokowi'

Erick Thohir dan Presiden Jokowi.--Instagram/erickthohir

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menganggap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah menerima restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan presiden mendatang.
 
Presiden Jokowi kabarnya sudah memberikan izin kepada salah satu menterinya untuk terlibat dalam pesta demokrasi yang akan datang.
 
"(Erick Thohir) sudah mendapat restu dari Presiden Jokowi," ujar Dedi, Sabtu (23/9).
 
Presiden Jokowi belakangan diketahui sering memberikan sinyal-sinyal yang mendukung Erick Thohir untuk mempertimbangkan pencalonan sebagai cawapres.
 
 
Salah satu contoh adalah saat Jokowi melakukan kunjungan ke Badan Urusan Logistik (Bulog) beberapa waktu yang lalu, di mana Jokowi memberikan isyarat yang positif terhadap peluang Erick Thohir untuk maju.
 
Hubungan erat antara keduanya telah terjalin sejak lama, bahkan sebelum Erick Thohir memasuki dunia pemerintahan.
 
Erick, yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, telah membangun hubungan yang kuat dengan Presiden Jokowi selama bertahun-tahun.
 
Selama waktu itu, Erick telah berhasil menyelesaikan berbagai tugas dengan baik dan mendapatkan pengakuan serta apresiasi dari Presiden Jokowi, yang juga merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta.
 
 
Salah satu momen yang sangat berkesan bagi Presiden Jokowi adalah ketika Erick Thohir dipercayakan untuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) dalam Pemilihan Presiden 2019 dan berhasil memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.
 
Kontribusi besar Erick Thohir dalam kampanye tersebut sangat dihargai oleh Presiden Jokowi.
 
Melihat semua ini, Dedi Kurnia Syah menyatakan bahwa tidak mengherankan jika Erick Thohir dikenal sebagai menteri yang sangat diandalkan dan dipercayakan oleh Presiden Jokowi.
 
Dengan demikian, Erick Thohir dianggap memiliki kemampuan untuk melanjutkan berbagai kebijakan dan program pemerintah ke depan.
 
 
Erick Thohir juga dianggap sebagai calon wakil presiden yang kuat untuk berpasangan dengan capres Prabowo Subianto.
 
Hal ini terutama disebabkan oleh konsistensi tinggi elektabilitas Erick Thohir yang selalu berada di posisi teratas dalam hasil survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga.
 
"Dia cukup dianggap layak karena miliki pengalaman," pungkas Dedi.
 
Sementara itu, menurut Direktur Rumah Politik Indonesia (RPI), Fernando Ersento M Sitorus, dalam hasil survei dari beberapa lembaga, elektabilitas Erick selalu berada di posisi teratas.
 
 
Misalnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melaporkan bahwa elektabilitas Erick berada pada angka 15,9 persen pada bulan Agustus.
 
Polling Institute juga memastikan bahwa Erick Thohir menduduki posisi pertama dengan hasil sekitar 15,1 persen dari simulasi 19 nama calon pada Agustus 2023.
 
Bahkan dalam simulasi lima nama dari Polling Institute, nama Erick Thohir tetap berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 24,5 persen.
 
Selain tingginya elektabilitas, pemilihan Erick Thohir sebagai cawapres juga dianggap bisa melengkapi latar belakang yang dimiliki oleh Prabowo Subianto.
Salah satu pertimbangan adalah melengkapi latar belakang mereka yang berbeda karena Prabowo berasal dari Jawa dan Erick berasal dari Sumatra.
 
Hal ini dianggap penting untuk memperkuat basis pemilih di luar Jawa, karena kelompok pemilih di luar Jawa memiliki potensi besar dalam Pilpres 2024.
 
Fernando menekankan bahwa perlu memperhatikan pemilih di luar Jawa karena mereka memiliki potensi yang signifikan untuk memengaruhi hasil pemilihan.
 
Erick Thohir yang berasal dari Sumatera dianggap sebagai representasi dari masyarakat di luar Pulau Jawa, dan kehadirannya dianggap dapat mempertimbangkan kepentingan pemilih di luar Jawa.
"Bagaimana pun juga pemilih luar Jawa patut dipertimbangkan oleh capres," tutup Fernando.
 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: